Pesan Rahbar

Home » » 5 Hal Yang Ternyata Memicu Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

5 Hal Yang Ternyata Memicu Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

Written By Unknown on Friday 19 August 2016 | 23:36:00

Ilustrasi suami istri bertengkar. (Foto: Merdeka.com/shutterstock.com/Creativa)

Pertengkaran dalam sebuah rumah tangga memang tidak dapat dihindari. Baik suami maupun istri pasti pernah sama-sama menjadi pemicu api perdebatan di dalam rumah. Pertengkaran bisa jadi merupakan bumbu untuk kehidupan asmara pasangan, namun bukan berarti dia tidak bisa membawa kehancuran juga. Berikut ini adalah beberapa hal perlu Anda waspadai yang dapat memicu pertengkaran, yang dilansir Woman's Day.


1. Komunikasi tidak langsung

Zaman sekarang komunikasi jarak jauh memang menjadi sangat mudah. Itulah yang bisa membahayakan kelangsungan rumah tangga. Sebuah studi yang dilakukan oleh tim psikolog dari Oxford University membuktikan bahwa pasangan yang lebih sering berkomunikasi lewat SMS, telepon, Facebook maupun Twitter ternyata memiliki resiko lebih tinggi untuk bercerai karena keterikatan emosi yang kurang.


2. Terlalu terhanyut dalam cerita romantis di film ataupun sinetron serial

Banyak wanita yang tersihir oleh sebuah cerita film, sinetron maupun drama serial yang menghadirkan romantisme semu. Ternyata, hal ini bisa membuat mereka menjadi tidak bahagia apabila tidak mendapatkan romantisme yang sama dalam kehidupan mereka. Pendeknya, wanita yang terlalu terhanyut dalam cerita romantis fiksi bisa merasa pesimis akan cinta, meyakini bahwa tidak ada kenyataan seindah yang di layar kaca, dan akhirnya mereka pun berhenti mengusahakan kebahagiaan cinta dengan pasangannya.


3. Kurang tidur

Kualitas tidur yang buruk bisa membuat seseorang lebih mudah marah. Hal ini disebabkan oleh urat-urat yang menegang pada tubuh membuat sistem peredaran darah kurang lancar dan membuat kerja jantung jadi lebih berat. Pasangan yang tidak mendapatkan waktu dan kualitas tidur yang cukup bisa jadi lebih memancing pertengkaran dalam rumah tangga.


4. Tidak pernah bertengkar

Jika memang ada perbedaan pendapat di antara Anda dan pasangan, sebaiknya hal tersebut segera dibicarakan dan dicari jalan tengahnya. Sebuah survei yang dilakukan oleh Michigan University menunjukkan bahwa sebagian besar pasangan yang jarang bertengkar malah banyak menyembunyikan rahasia dari satu sama lain. Pasangan yang memilih untuk hidup adem-ayem selalu ternyata menyembunyikan lebih banyak unek-unek agar cekcok tidak terjadi.


5. Meminta maaf tanpa menyelesaikan masalah

Tiap kali salah satu dari Anda melakukan hal yang mengecewakan bagi yang satu sama lain, meminta maaf saja tidak akan menyelesaikan masalah. Jadi, bagaimana jalan keluarnya? Anda berdua harus mau berkompromi untuk kebahagiaan bersama, misalnya dengan berusaha mengubah kebiasaan buruk masing-masing yang mengganggu.

Jangan sampai Anda terlalu fokus pada diri sendiri dan mengesampingkan apa yang dirasakan pasangan, ya.

(Merdeka/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: