Pesan Rahbar

Home » » Hak Hewan Dalam Islam dan Riwayat

Hak Hewan Dalam Islam dan Riwayat

Written By Unknown on Thursday 25 August 2016 | 22:11:00


Imam Ali as “jangan kalian memukul wajah hewan-hewan tunggangan kalian, dan juga jangan kalian melaknatnya, karena Allah swt akan melaknat orang yang melaknat hewan tunggangannya”.

Shabestan News Agency, Imam Shadiq as setiap kali ingin ingin menjejakkan kakinya di pedal tunggangannya, beliau as berkata “Maha suci Allah yang telah menundukan semua ini kepada kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya” dan setelah itu beliau as mengucapkan “Subhanallah” “Alhamdulillah” dan “Laa Ilaha Ilallah” masing-masing tujuh kali.

Rasulullah saww berkata “naikilah tunganganmu dengan baik, dan gunakanlah daging hewan-hewan dengan baik”.
Dalam hal ini Imam Musa Kazhim as juga bersabda “ketahuilah, bahwasanya setiap hewan saat pemiliknya menaikinya, mereka akan berkata “Ya Allah! Buatlah mereka melakukanku dengan baik”.

Amirul Mukminin Ali as bersabda “perlakukanlah unta-unta dengan adil saat menaikinya”.

Salah satu pesan-pesan Imam Ali as dalam memperlakukan hewan-hewan khusunya hewan tunggangan ialah, jangan sampai menaiki hewan-hewan dengan cara yang buruk sehingga membuat mereka kesulitan dan bahkan terjatuh, dan jika hewan-hewan mengalami kelelahan dan bahkan sakit, maka berikanlah istirahat kepadanya.

Rasululah saww bersabda “jangan kalian bebani hewan-hewan tunggangan dengan beban di luar kemampuannya”.
Imam Baqir as juga bersabda “setiap kali kalian melewati ladang rumput yang hijau bersama hewan tunggangan kalian, jangan terburu-buru melewatinya, dan jika kalian melewati ladang tandus yang kering bersegeralah kalian melewatinya”.

Amirul Mukminin Ali as bersabda “jangan kalian memukul wajah hewan-hewan tunggangan kalian, dan juga jangan kalian melaknatnya, karena Allah swt akan melaknat orang yang melaknat hewan tunggangannya”.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: