Pesan Rahbar

Home » » Cita-cita Luhur Mazhab Syiah di Hari Dunia Ali Ashgar

Cita-cita Luhur Mazhab Syiah di Hari Dunia Ali Ashgar

Written By Unknown on Tuesday 11 October 2016 | 22:38:00


Tentara-tentara cilik Imam Hussein as di hari Jumat petama bulan Muharam datang dari berbagai penjuru Iran dan dunia menyambut seruan “Hal min Naasirin Yansuruni” (adakah penolong yang mau menolongku) yang disampaikan Imam Hussein as.

Sudah 14 tahun Organisasi Dunia Ali Ashgar as menggelar acara “Bayi-bayi Hussein”, tahun ini acara yang sama digelar bertepatan dengan tanggal 16 Mehr 1395 Hs di sekitar 4000 titik di Iran dan di 41 negara dunia.

Haram Suci Razavi termasuk salah satu tempat penting penyelenggaraan acara Bayi-bayi Hussein ini. Acara tersebut digelar bersamaan dengan tempat-tempat lain di dunia pada pukul 9 hingga 11 diHalaman Jame Razavi, Haram Suci Razavi dan para ibu bersama bayi-bayi mereka yang masih menyusu datang ke tempat ini.

Kami berkesempatan melakukan wawancara spesial dengan Daoud Manafie Pour, Sekretaris Organisasi Dunia Ali Ashgar as yang rinciannya sebagai berikut:

• Tuan Manafie Pour bisa anda jelaskan tentang metode penyelenggaraan acara ini.
Acara Bayi-bayi Hussein diselenggarakan setiap tahun pada hari Jumat pertama bulan Muharam secara serentak dan bersamaan di seluruh kota di Iran dan di sebagian negara lain. Pada hari ini para ibu bersama bayi-bayi mereka yang masih menyusu dengan pakaian berwarna hijau dan ikat kepala bertuliskan Ya Sahiba Zaman af berpartisipasi dalam acara ini.

• Kapan pertama kali acara Bayi-bayi Hussein ini diselenggarakan ?
Untuk pertama kalinya acara ini diselenggarakan pada tahun 1382 Hs hanya di kota Tehran saja dan setahun setelahnya acara ini digelar serentak di Tehran, Mashhad, Qom, Karbala dan Bahrain. Setiap tahun kota-kota dan negara yang turut menyelenggarakan acara ini terus bertambah. Tahun ini, adalah tahun ke-14 acara Bayi-bayi Hussein digelar.

• Acara Bayi-bayi Hussein ke-14 di bulan Muharam tahun ini diselenggarakan di beberapa titik di Iran dan dunia ?
Patut disyukuri dengan sambutan baik dan luas atas acara ini, acara Bayi-bayi Hussein diselenggarakan pada hari Jumat, 16 Mordad 1395 Hs secara serentak di sekitar 4000 titik di Iran dan di 41 negara dunia.

• Bagaimana tingkat sambutan atas acara ini di level internasional ?
Dalam beberapa tahun terakhir penyelenggaraan acara ini di sejumlah negara dunia mendapat sambutan yang cukup baik. Pada Jumat pertama Muharam tahun ini, selain digelar di beberapa kota Iran, acara Bayi-bayi Hussein juga digelar di lebih dari 300 tempat di Pakistan, 300 tempat di Irak, 100 tempat di India, 25 tempat di Arab Saudi, 35 tempat di Afghanistan, 14 tempat di Amerika, 12 tempat di Eropa, 35 tempat di Turki, 15 tempat di Bahrain, 10 tempat di Qatar, 12 tempat di Oman dan empat negara Afrika.

Selain itu, 10 pusat keagamaan Ahlu Sunnah secara spontan menggelar acara Bayi-bayi Hussein. Selain negara-negara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa negara lain yang ikut menyelenggarakan acara Bayi-bayi Hussein di antaranya Singapura, Malaysia, Filipina, Tajikiskan, Ukraina, Rusia dan yang lainnya.

• Menurut perkiraan anda berapa peserta acara Bayi-bayi Hussein ke-14 ini ?
Diprediksikan tahun ini sekitar 10 juta orang akan berpartisipasi dalam acara Bayi-bayi Hussein dan berkat pertolongan Allah Swt, setiap tahun jumlah peserta acara ini terus bertambah.

• Apakah anda punya visi untuk penyelenggaraan acara ini dalam beberapa tahun terakhir ?
Perencanaan kami adalah dalam enam tahun ke depan, acara Bayi-bayi Hussein akan digelar di 8000 titik di Iran dan lebih dari 45 negara dunia di hari Jumat pertama di bulan Muharam. Begitu juga diperkirakan penyelenggaraan acara ini di level yang lebih luas di era komunikasi seperti sekarang, dalam enam tahun ke depan lebih dari setengah penduduk dunia akan memperoleh informasi tentang kebangkitan Imam Hussein as.

• Anda mengatakan bahwa acara ini digelar setiap tahun pada hari Jumat pertama Muharam, apakah hari ini juga ditetapkan sebagai Hari Ali Asghar as ?
Ya, berkat upaya yang sudah ditempuh selama ini, hari Jumat pertama bulan Muharam setiap tahun ditetapkan sebagai Hari Ali Asghar as. Pada kenyataannya pada Hari Dunia Ali Asghar as, seluruh pecinta Ahlul Bait as dan ajaran Imam Hussein as secara serentak dan bersamaan meneriakkan cita-cita luhur Syiah dan ketertindasan Ali Ashgar as.

• Tujuan anda membentuk Organisasi Dunia Ali Ashgar as apa ?
Membangkitkan pertanyaan di antara masyarakat dunia tentang identitas keberadaan Asyura dengan tema sentral Ali Ashgar as, memperjelas dimensi penindasan dalam kesyahidan Ali Ashgar as untuk para mubaligh Syiah, menngenalkan Aba Abdillah Al Husseina as kepada masyarakat dunia dengan realitas dan ketertindasan beliau yaitu kesyahidan Ali Ashgar as dan membuka peluang kemunculun Juru Selamat, di antara tujuan terpenting membentuk Organisasi Dunia Ali Ashgar as.

• Salah satu karakteristik acara ini adalah kehadiran bayi-bayi yang masih menyusu dengan pakaian hijau, siapa yang menyediakan pakaian-pakaian ini ?
Sekitar 70 pusat penjahit pakaian untuk acara Bayi-bayi Hussein dibuka di seluruh penjuru Iran dan 3000 wanita sukarelawan selama enam bulan bekerja menjahit pakaian-pakaian tersebut dan mengepaknya. Begitu juga di Tehran pusat-pusat penjahit itu berpusat di Baq-e Feiz dan pakaian-pakaian acara Bayi-bayi Hussein untuk beberapa negara dunia juga disiapkan di tempat ini. Organisasi Dunia Ali Ashgar as telah merencanakan dua acara 10 tahunan. Di 10 tahun pertama seluruh provinsi di Iran akan dipasok pakaian dan di 10 tahun kedua seluruh provinsi akan melakukan penjahitan pakaian sendiri. Begitu juga perencanaan kami di akhir 10 tahun kedua, secara spontan di negara-negara penyelenggara acara ini akan dibuka pusat-pusa jahit pakaian khusus acara.

• Untuk acara Bayi-bayi Hussein tahun ini berapa pakaian yang dijahit dan darimana biayanya diperoleh ?
Tahun ini satu juta pakaian dijahit di seluruh Iran untuk acara Bayi-bayi Hussein dan biayanya diperoleh dari masyarakat sendiri.

• Anda menyinggung soal paket hadiah yang diberikan kepada para ibu di acara ini, bisa dijelaskan lebih lanjut.
Selain pakaian hijau yang diberikan kepada anak-anak, selembar kertas berjudul “Nazr Nameh” atau surat nazar berbahasa Persia, Arab, Urdu dan Turki Istanbul berisi tulisan “Ya Sahiba Zaman aku nazarkan putraku untuk membantu kebangkitanmu. Pilihlah putraku untuk kedhuhuranmu dan jagalah dia.

• Selain menggelar acara Bayi-bayi Hussein, apakah ada acara lain selain itu ?
Dengan partisipasi Jamiatul Mustafa Al Alamiah dan Organisasi Dunia Ahlul Bait as rencananya akan digelar juga kongres internasional syair, makalah, cerita dan foto serta film Ali Ashgar as.

• Terkait reaksi dunia atas acara ini bagi kita ?
Ada sekitar 14 reaksi dunia terkait gerakan ini yang sebagian besarnya ditunjukkan oleh rezim Zionis Israel, Amerika Serikat dan Inggris. Di puluhan situs Israel dalam berbagai bahasa dunia dan surat kabar The Guardian, juga Haaretz, dimuat reaksi negatif terkait peyelenggaraan acara Bayi-bayi Hussein. Tiga pengadilan internasional dalam keputusannya menyebut acara Bayi-bayi Hussein menyebabkan masyarakat Eropa terluka perasaannya. Begitu juga di Arab Saudi dalam konferensi yang digelar untuk menyimpangkan realitas sejarah Asyura oleh Universitas Mohammad bin Saud, dikeluarkan peringatan yang mengatakan, takutlah ketika Ali Ashgar sudah mendunia. Baru-baru ini dirilis sebuah draf di Parlemen Inggris yang melarang penyelenggaraan acara ini di Inggris, Irlandia dan beberapa negara lainnya. Begitu juga 114 bagian film pendek sudah dibuat untuk melawan kebangkitan Imam Hussein as dan gerakan Aba Abdillah yang titik sentralnya pada Ali Ashgar as.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: