Pesan Rahbar

Home » » Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini!!

Nyatakan Siap Bela Ratna Sarumpaet Cs, Alasan Yusril Ternyata Begini!!

Written By Unknown on Friday 2 December 2016 | 17:58:00


Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra mendatangi Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jumat (2/12/2016).

Ia akan mendampingi Ratna Sarumpaet yang dimintai keterangan terkait dugaan makar.

Yusril, yang mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan dasi merah itu, masuk ke dalam Markas Brimob sekitar pukul 11.00 WIB.

"Yusril masuk ke dalam untuk mendampingi Bu Ratna," kata Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Kris Ibnu, di depan pintu masuk Mako Brimob, Depok, Jumat.

Kris sebelumnya berada di dalam Mako Brimob mendampingi Ratna. Yusril datang untuk menggantikan posisinya.

Sebelumnya, Yusril mengatakan, Ratna dijemput polisi di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.


"Saya akan bela mereka, karena saya yakin mereka memperjuangkan sesuatu yang mereka anggap benar, sah, dan konstitusional," kata Yusril dalam akun twitternya pagi ini.

Yusril menuturkan sudah berbicara lewat telepon dengan Ratna Sarumpaet. Dari percakapan itu, menurut Yusril, Ratna dijemput polisi di Hotel Sari Pan Pacific, dan kemudian dibawa ke markas Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Yusril menambahkan Ratna akan dimintai keterangan di markas Brimob karena ada bukti dirinya dan sejumlah orang lain ingin melakukan makar. "Saya katakan kepada Bu Ratna, saya dampingi beliau sebagai lawyer."

Selain membantu Ratna Sarumpaet, Yusril juga menyebutkan dalam cuitannya kalau dia akan membela juga tokoh-tokoh lain yang dijemput polisi pagi ini. Meski dia belum bisa berkomunikasi dengan tokoh lain. "Saya belum bisa komunikasi dengan Kivlan Zein, Adityawarman Taha, Jamran, Hatta Taliwang, Sri Bintang Pamungka, dll."

Bahkan di antara tokoh-tokoh yang dijemput oleh kepolisian hari ini untuk dilakukan pemeriksaan, terdapat juga anak dari Presiden Soekarno, yaitu Rachmawati Soekarno Putri. "(Rachmawati)! Dikabarkan dijemput polisi dini hari tadi," ucap Yusril.

Cuitan Yusril pagi ini, merupakan respons atas penjemputan sejumlah aktivis hari ini. Cuitan itu merupakan cuitan yang bernomor, dan dinomorinya sendiri hingga cuitan nomor tujuh.


Tangkap 10 orang

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul membenarkan adanya penangkapan terhadap 10 orang. Dua dari sepuluh orang tersebut adalah musisi Ahmad Dhani dan Ratna Sarumpaet.

Martinus menjelaskan, Dhani diamankan pada pagi tadi di salah satu hotel di Jakarta. Saat ini, menurut dia, Dhani dan kesembilan orang lainnya tengah diperiksa secara intensif di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

"Polri punya waktu 1 x 24 jam untuk melakukan pemeriksaan. Ada beberapa perbuatan melanggar KUHP. Ini bagian upaya kita mencegah, menindaklanjuti laporan yang masuk," ucap dia.

Martinus menjelaskan, beberapa orang tersebut pernah diberi surat panggilan pemeriksaan. Namun, mereka tak mengindahkan panggilan tersebut.

Adapun 10 orang tersebut adalah Ahmad Dhani, Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Sri Bintang Pamungkas, Kivlan Zein, Adityawarman, Jamran, Eko, dan Rizal Khobar.

(Berita-Teratas/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: