Pesan Rahbar

Home » » AS segera kirim bantuan senjata buat perangi pemberontak Yaman

AS segera kirim bantuan senjata buat perangi pemberontak Yaman

Written By Unknown on Thursday 23 July 2015 | 04:51:00

serangan udara arab saudi ke yaman. ©REUTERS/Khaled Abdullah

Amerika Serikat menegaskan akan mempercepat pengiriman bantuan senjata kepada koalisi Saudi dalam memerangi kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Termasuk pula pasukan loyalis Presiden Abdurabuh Mansyur Hadi yang kini mengungsi ke Saudi setelah digulingkan dari kekuasaan sejak awal 2015.

AS juga meningkatkan kerjasama intelijen dengan koalisi Liga Arab, ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken.

"Pengiriman senjata kepada di pimpin koalisi Saudi, sudah kami percepat, langkah ini diambil demi mendukung Arab Saudi dalam mengusir pemberontak Houthi dan menegakkan pemerinahan sah Yaman" tegas Blinken pada kunjungannya ke Saudi, Selasa, (7/4).

Badan perbantuan AS memperingatkan krisis di pelabuhan Aden, Yaman, semakin membaayakan. Sekitar 550 orang dikatakan telah tewas dalam dua minggu terakhir pertempuran.
Sejak kemarin, pesawat koalisi Saudi dilaporkan telah membombardir pangkalan militer Houthi di pusat kota Yaman, seperti dilansir kantor berita BBC, (8/4).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, hampir 2.000 orang terluka selama periode yang sama. Badan anak-anak PBB, Unicef, juga menambakan setidaknya 74 korban tewas adalah anak-anak.
"Perang di Aden adalah bergemuruh di tiap sudut jalan, banyak yang tidak bisa melarikan diri " ungkap Juru bicara palang Merah Internasional, Marie Claire Feghali kepada kantor berita Prancis, AFP.

(Merdeka/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: