Pesan Rahbar

Home » » Tembakan Rudal Korut Provokasi AS

Tembakan Rudal Korut Provokasi AS

Written By Unknown on Monday 13 February 2017 | 21:20:00

Rudal balistik dari peluncur kapal selam Korut.

Penembakan rudal Korea Utara ke Laut Jepang kali ini menjadi bentuk provokasi terhadap sikap keras Amerika Serikat atas negara komunis tersebut.

Rudal balistik jarak menengah itu, seperti dilaporkan Agence France-Presse, Minggu (12/2), ditembakkan dari pangkalan udara Banghyon, Provinsi Pyongan Utara.

Menurut kantor berita Yonhap, rudal tersebut melesat hingga sejauh 500 kilometer hingga akhirnya jatuh di Laut Jepang.

‘Aksi unjuk kekuatan’ terbaru Pyongyang itu merupakan yang pertama setelah Donald Trump dilantik menjadi Presiden AS, 20 Januari lalu.

Kementerian Pertahanan Korsel menegaskan, Korut menembakkan rudal balistik tersebut sebagai sebuah provokasi untuk menguji respon presiden baru AS, Donald Trump.

"Diyakini, peluncuran rudal hari ini ditujukan untuk menarik perhatian global ke Korut yang sedang membual tentang kemampun nuklir dan rudalnya," kata kementerian tesebut.

"Tindakan itu juga diyakininya sebagai provokasi bersenjata untuk menguji respon dari pemerintah baru AS di bawah Presiden Trump," kata kementerian dalam sebuah pernyataan.

Yonhap mengatakan, militer Korsel menduga rudal tersebut mungkin sejenis dengan rudal balistik jarak menengah Musudan yang pernah ditembakkan sebelumnya.

Korut pada Oktober 2016 telah melakukan pengujian rudal Musudan sebanyak dua kali yang ditembakkan dari pangkalan udara yang sama.

(AFP/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: