Pesan Rahbar

Home » » Golestan Iran Siap Sambut Pemudik Nauruz

Golestan Iran Siap Sambut Pemudik Nauruz

Written By Unknown on Friday 17 March 2017 | 20:23:00


Pimpinan wisata, travel dan kerajinan tangan provinsi Golestan Iran, Ibrahim Karimi mengatakan warga kota Golestan sudah siap menyambut para pemudik yang datang dari berbagai provinisi. Sebab diketahui bahwa festival-festival hari raya nauruz pada tahun ini akan diselenggarakan di lima provinsi Iran.

Sebagaimana dilaporkan dari Gurgon, Ibrahim Karimi pada pertemuan majlis provinsi tahun ini mengatakan bahwa nauruz pada tahun ini akan ada suasana baru, berbeda dengan nauruz tahun-tahun sebelumnya.

Karimi juga menyebutan tentang kerjasama berbagai pihak dan lembaga-lembaga terkait, seperti aparat keamanan, tim keselamatan Hilal Ahmar, untuk bisa memberikann pelayanan terbaik kepada para pendatang. Untuk Golestan sendiri, akan dibuka 20 pusat pelayan tetap dan 12 pusat pelayanan berjalan yang mempekerjakan 118 orang di berbagai titik provinsi.

Dia menyebutkan bahwa setiap provinsi dari lima provinsi yang menggelar festival nauruz tahun ini memiliki motto dan slogan khusus, dimana Golestan sendiri mengangkat motto, “Golestan Ibukota Wisata Lingkungan.”

Hari raya nauruz merupakan hari raya awal tahun baru Persia dalam kelender hijriah syamsiah yang bertepatan dengan 21 Maret berdasarkan kelender miladiah. Hari Raya nauruz bagi tradisi masyarakat Persia merupakan hari raya terbesar. Selain Iran, beberapa negara tetangga lain juga ikut merayakan tradisi ini seperti Afganistan dan Turki. Akar nauruz ini kembali kepada tradisi masyarakat yang beragama Majusi, namun perayaannya masih tetap terjaga walau telah terjadinya futuhat Islamiyah ke tanah persia.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: