Pesan Rahbar

Home » » Imam Besar Al-Azhar Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Kiai Hasyim Muzadi

Imam Besar Al-Azhar Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Kiai Hasyim Muzadi

Written By Unknown on Saturday 18 March 2017 | 14:09:00


"Pandangan Kiai Hasyim dan Al-Azhar sama, yakni demi kepentingan umat Islam," Anizar. "Juga moderat dalam pandangan keagamaan dan perhatian terhadap perdamaian dunia."

Imam Besar Al-Azhar Syekh Ahmad Thayyib dalam kunjungannya ke Indonesia pada Februari 2017. (Foto: Anizar Masyhadi buat Albalad.co)

Syekh Ahmad ath-Thayyib, Imam Besar Al-Azhar, Kairo, Mesir kemarin menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Kiai Hasyim Muzadi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan mantan Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdhatul Ulama).

Kiai Hasyim meeninggal kemarin pagi dan dimakamkan sorenya di Pesantren Al-Hikam, Depok, Jawa Barat.

Pesan belasungkawa Syekh Ahmad Thayyib itu disampaikan oleh penasihatnya, Muhammad Abdussalam, melalui Anizar Masyhadi dari Pesantren Modern Tazakka, Batang, Jawa Tengah. "Al-Azhar menyampaikan belasungkawa mendalam kepada pemerintah dan rakyat Indonesia, serta keluarganya," kata Syekh Ahmad Thayyib dalam pesan WhatsApp disampaikan Anizar kepada Albalad.co semalam.

Anizar bilang Kiai Hasyim dan Syekh Ahmad Thayyib memiliki hubungan sangat akrab. "Pandangan Kiai Hasyim dan Al-Azhar sama, yakni demi kepentingan umat Islam," ujarnya. "Juga moderat dalam pandangan keagamaan dan perhatian terhadap perdamaian dunia."

Pada 2010, Kiai Hasyim mengundang Syekh Ahmad Thayyib, waktu itu masih menjabat rektor Universitas Al-Azhar, menghadiri acara Internatinal Conference of Islamic Scholars (ICIS) di Jakarta.

Syekh Ahmad Thayyib terakhir kali datang ke Jakarta Februari tahun lalu. Anizar menambahkan Kiai Hasyim menemani Syekh Ahmad Thayyib ke Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, untuk menerima gelar doktor kehormatan dan mengunjungi Pesantren Modern Darussalam, Gontor, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Al-Azhar merupakan salah satu rujukan untuk mempelajari Islam. Al-Azhar dibangun pada 970 atau 972 semasa Dinasti Fatimiyah berkuasa di Mesir.

(Al-Balad/Berbagai-Sumber-lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: