Pesan Rahbar

Home » » Inggris Resmi ‘Pisah’ Dari Uni Eropa

Inggris Resmi ‘Pisah’ Dari Uni Eropa

Written By Unknown on Thursday 30 March 2017 | 12:35:00

Tim Barrow, Dubes Inggris untuk Uni Eropa dan Donald Tusk Presiden UE di Brussels, Belgia.

Inggris menyerahkan surat pemberitahuan resmi kepada Presiden Uni Eropa Donald Tusk, Rabu (29/3) sebagai tanda memulai proses "perpisahan" dengan Uni Eropa.

Duta besar Inggris untuk Uni Eropa Tim Barrow, secara pribadi menyerahkan surat yang ditandatangani PM Theresa May ke kantor Tusk di Brussels, Belgia.

"Setelah sembilan bulan, Inggris resmi memulai proses Brexit," ujar Tusk lewat akun Twitter-nya setelah menerima surat tersebut.

Surat itu ditandatangani PM Theresa May di kantornya Downing Street 10 pada Selasa (28/3) dan diserahkan sehari setelah Uni Eropa memperingati ulang tahunnya yang ke-60.

Setelah 44 tahun London berada didalam Uni Eropa dan akhirnya mengajukan perpisahan.

Anand Menon, pakar politik Eropa di King's College London, mengatakan hubungan Inggris dan Uni Eropa sejak awal merupakan hubungan transaksional sehingga perpisahan adalah hal yang logis.

"Sejak 1973 hubungan Inggris dan Uni Eropa adalah hubungan berdasarkan manfaat dan selalu ditekankan pada dimensi ekonomi bukan politik," kagta Pauline Schnapper, profesor sejarah kontemporer Inggris di Universitas Sorbonne, Paris.

"Dimensi sentimental dari hubungan ini nyaris tidak ada," tambah Pauline.

(Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: