Pesan Rahbar

Home » » Ini 7 Manfaat Sehat Jika Konsumsi Jus Lidah Buaya Setiap Hari

Ini 7 Manfaat Sehat Jika Konsumsi Jus Lidah Buaya Setiap Hari

Written By Unknown on Friday 24 March 2017 | 19:09:00


Lidah buaya sering dikonsumsi sebagai minuman. Karena teksturnya kenyal dan menyegarkan. Kecuali itu ada manfaat sehatnya.

Sejak lama lidah buaya dikenal mampu sembuhkan berbagai penyakit dan punya beragam khasiat lainnya.
Dalam kepercayaan masyarakat India, tumbuhan lidah buaya dipercaya sebagai tumbuhan yang paling bermanfaat didunia ini.

Tidak hanya sebagai obat dari segala penyakit, tapi lidah buaya juga memiliki banyak manfaat kesehatan atau kecantikan. Menurut ahli biologi Dokter Rupali Datta, lidah buaya tidak hanya berguna bagi kesehatan tapi bisa jadi obat hingga kosmetik.

"Aloe vera atau lidah buaya adalah unsur penting untuk makanan, farmasi dan industri kosmetik. Penelitian terbaru yang dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi jus lidah buaya secara rutin dapat membantu mengontrol gula darah dan menurunkan lipid pada penderita diabetes dan hiperlipidemia pada tubuh, " ungkapnya seperti yang dilansir dari NDTV (18/11/16).

Berikut 7 manfaat sehat jika konsumsi jus lidah buaya secara rutin.


1. Kaya akan vitamin dan mineral

Jus lidah buaya kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi tubuh. Menurut Dokter Rupali satu-satunya vitamin yang tidak ada dalam lidah buaya, hanyalah Vitamin D. Kini jus lidah buaya banyak dijual di toko maupun supermarket dalam kemasan botol dan kaleng.


2. Melawan gangguan pencernaan

Konsumsi harian jus lidah buaya diyakini dapat melawan dan menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan. Termasuk sistem pencernaan yang buruk, sembelit dan asam lambung yang tinggi. Hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan dan menjaga berat badan agar tetap stabil.


3. Menghilangkan racun dalam tubuh

Konsumsi jus lidah buaya terbukti dapat mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Minum jus lidah buaya setiap pagi, tak hanya membuat tubuh jadi lebih sehat tapi juga membantu menyembuhkan masalah sistem pencernaan serta membersihkan perut.


4. Membantu menyembuhkan anemia

Ghritkumari Saar secara aktif digunakan dalam persiapan Ayurveda yaitu tradisi perawatan kesehatan kuno di India, dikenal sebagai Kumari asava. Berguna dalam memperbaiki pencernaan dan gangguan hati, anemia, penyakit kuning dan penyakit yang berhubungan dengan saluran empedu, kantung empedu, dan lainnya.


5. Menyeimbangkan masalah hormon

Jus lidah buaya biasa digunakan sebagai tonik herbal yang memegang peranan penting dalam penyeimbang masalah hormonal, pankreas dan gangguan saluran limpa.


6. Bagus untuk rambut dan kulit

Jus lidah buaya membantu menjaga kelembutan kulit, serta membuat kulit bercahaya dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan tropikalnya dapat meringankan luka bakar ringan dan berguna untuk menghilangkan bekas luka. Lidah buaya juga dapat melembabkan kulit, serta menyembuhkan kulit kepala yang kering.


7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, apalagi jika dicampur dengan tumbuhan herbal lainnya seperti amla, giloy, tulsi, dan karela. Selain itu jus ini juga bisa menjadi ramuan ajaib, untuk mencegah penyakit ketika pergantian musim berlangsung.

(NDTV/Detik-Health/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: