Pesan Rahbar

Home » » Israel Berusaha Melemahkan Hubungan Iran-Azerbaijan

Israel Berusaha Melemahkan Hubungan Iran-Azerbaijan

Written By Unknown on Tuesday 7 March 2017 | 21:14:00

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei (Kanan) menerima Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di Teheran pada 5 Maret 2017. (Foto: Khamenei.ir)

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei mengatakan musuh kesal melihat hubungan erat antara Iran dan Azerbaijan, seraya meringatan upaya rezim Israel untuk merusak hubungan timbal balik kedua negara.

“Rezim jahat Zionis [Israel] membuat upaya lebih diantar semua musuh untuk melemahkan hubungan persaudaraan antara Iran dan Azerbaijan,” kata Pemimpin dalam pertemuan dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di Teheran, Minggu (5/2/17)

Ayatollah Khamenei menambahkan bahwa dalam menanggapi plot musuh, Teheran dan Baku harus berusaha untuk menjaga hubungan yang ramah.

Pemimpin memuji sikap yang sangat positif Azerbaijan terhadap Republik Islam, termasuk posisinya dalam masalah nuklir Iran.

“Di bidang politik dan kemasyarakatan, pemerintah Azeri selalu berdiri bersama Iran dan ini sikap positif yang membawa kedua negara lebih dekat dari sebelumnya,” Ayatollah Khamenei menyatakan.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei (Kanan ) bertemu dengan Presiden dan Azeri Ilham Aliyev (Kiri ) di Teheran pada 5 Maret, 2017, juga nampak Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: leader.ir)

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Presiden Iran Hassan Rouhani, Aliyev mengatakan Teheran dan Baku memiliki kesamaan budaya, sejarah dan agama.

Meskipun ada upaya untuk menabur perselisihan antara Iran dan Azerbaijan, kedua negara memiliki hubungan tingkat tinggi dan upaya musuh untuk merusak hubungan tersebut akan sia-sia, ia menambahkan.

Presiden Azeri mengatakan Teheran dan Baku menandatangani 20 dokumen kerja sama pada tahun 2016, menambahkan bahwa volume bursa perdagangan meningkat 70 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Namun Aliyev, menyatakan ketidakpuasan dengan volume perdagangan saat ini dan mengatakan kedua negara menerapkan proyek bersama, termasuk jalur kereta api.

Presiden Iran dan Azeri menandatangani perjanjian di Teheran pada hari Minggu untuk menyelesaikan bagian proyek angkutan kereta api yang direncanakan menghubungkan Eropa hingga ke Asia Selatan dan juga menyetujui menghubungkan sistem rel kedua negara. Presiden Azeri tiba di Teheran untuk kunjungan satu hari pada hari Minggu dan menghadiri konferensi pers bersama dengan rekannya dari Iran pada hari sebelumnya.

(IRNA/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: