Pesan Rahbar

Home » » Menjaga dan Melestarikan Alam Dalam Islam

Menjaga dan Melestarikan Alam Dalam Islam

Written By Unknown on Tuesday 7 March 2017 | 19:10:00


Allah swt berfirman “Dialah yang menciptakan kalian semua dan dia mengharap kepada kalian semua untuk terus menjaganya (QS Hud 61) “.

Shabestan News Agency, lingkungan hidup manusia adalah suatu komponen makhluk hidup yang harus kita jaga kelestariannya bersama dengan komponen-komponen lainnya. Salah satu cara untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan menanam pohon di tempat kita tinggal. Dengan menanam pohon kita bisa lebih menjaga ekosistem makhluk hidup lainnya karena pohon adalah salah satu mutiara bagi ekosistem makhluk hidup dunia.

Ketika kita membahas tentang adanya ekosistem makhluk hidup dalam segi biologi, jelas bagi kita bahwa biologi dan ekologi sangat memperhatikan keberadaannya karena memang kedua ilmu itu secara khusus membahas akannya. Namun, apakah islam dan Al-Qur’an juga memperhatikan akan pentingnya semua itu ?

Dan jawabannya adalah Al-Qur’an sangat memperhatikan akan lingkungan hidup manusia dan makhluk lainnya. Allah swt berfirman “Dialah yang menciptakan kalian semua dan dia mengharap kepada kalian semua untuk terus menjaganya (QS Hud 61) “.

Dari salah satu ayat Al-Qur’an tersebut kita juga dapat mengambil kesimpulan bahwa agama islam sangatlah memperhatikan akan semuanya bahkan lingkungan hidup juga diperhatikannya. Terbukti, ketika Allah telah menciptakan makhluk hidup bernama manusia yang menempati alam bernama dunia, Allah swt berpesan padanya untuk terus menjaga lingkungan hidupnya agar kehidupan yang di jalaninya di atas dunia tidak mengganggunya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: