Pesan Rahbar

Home » » Ratusan Korban 11 September Gugat Arab Saudi

Ratusan Korban 11 September Gugat Arab Saudi

Written By Unknown on Wednesday 22 March 2017 | 00:34:00

Donald Trump dan Mohammad bin Salman.

Ratusan orang Amerika yang menjadi korban serangan teroris 11 September 2001 telah mengajukan gugatan terhadap Arab Saudi yang diduga berperan dalam insiden itu, menuntut reparasi dari monarki Saudi.

Gugatan, yang diajukan Senin (20/3) di pengadilan federal meliputi pinggiran Manhattan, termasuk sekitar 800 orang yang terluka dalam serangan 9/11 dan mereka yang anggota keluarganya tewas dalam tragedi itu, BuzzFeed dilaporkan.

Para penggugat menuduh Saudi menyediakan dana dan dukungan kepada teroris al-Qaeda, yang kata mereka, melakukan serangan.

Gugatan mengklaim bahwa setidaknya tiga dari pembajak 9/11 memiliki hubungan dengan al-Qaeda. "Duplikasi dari Arab Saudi," katanya.

"Ini disajikan publik ke Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya dari bangsa yang memerangi al-Qaeda dan terorisme sementara pada saat yang sama, seperti yang dijelaskan di sini, aktor pemerintah Saudi memberi dukungan materi substansial dan sumber daya pada al-Qaeda."

Selain itu, gugatan juga berpendapat serangan 11 September tidak mungkin terjadi tanpa keterlibatan keluarga kerajaan Saudi.

"Akibatnya, Kerajaan Arab Saudi bertanggung jawab atas gugatan dari semua kerusakan yang mengakibatkan cedera dan kematian dalam Serangan 11 September," kata gugatan.

Dari 19 pembajak yang diduga dilakukan dalam serangan 9/11, 15 adalah warga Saudi dan bukti yang ada menunjukkan beberapa dari mereka terkait dengan para pejabat tinggi Saudi.

(Buzz-Feed/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: