Pesan Rahbar

Home » » Naskah Al-Quran Berharga Tulisan Tangan di Rusia

Naskah Al-Quran Berharga Tulisan Tangan di Rusia

Written By Unknown on Tuesday 2 May 2017 | 23:35:00


Lima naskah al-Quran tulisan tangan kuno dan tunggal disimpan di Rusia, yang rata-rata dibawa ke negara ini atas upaya Peter the Great dan Yekaterina the Great.

Menurut laporan IQNA, pada edisi 78 mingguan masyarakat dan kebudayaan Rusia hari ini terkait pekan kedua bulan April (Urdibehest 1396 bulan kedua Iran) yang dipublikasikan atase kebudayaan Iran di Moskow, dengan mengumumkan berita ini menuturkan, beberapa naskah berharga kuno al-Quran disimpan di Rusia, yang kekunoannya mencapai abad tujuh Masehi. Mayoritas karya-karya tulisan tangan Islam dibawa Peter the Great (salah seorang kaisar Rusia) dan Yekaterina (Istri Peter the Great).


Deskripsi lima naskah karya ini, yang termasuk paling berharga adalah sebagai berikut:

Al-Quran Utsmani

Copy al-Quran ini dimana kaum muslim Asia Tengah menganggapnya sebagai salah satu naskah al-Quran suci disimpan di institute karya tulisan tangan Timur di kota St. Petersburg.


Beberapa tahun silam, sebagian al-Quran Utsmani ditemukan di sebuah desa di dekat perbatasan Uzbekistan dan Afghanistan.


Al-Quran Kufi

Bagian al-Quran kuno Kufah disimpan dalam koleksi museum Rusia. Salah satu koleksi tersebut terkait perpustakaan nasional Rusia di kota St. Petersburg.


Sebagian naskah ini dipindahkan dari masjid Amr bin ‘Ash di Kairo lama ke tempat ini. Dari sisi karya tulisan tangan yang ditulis dengan khat Kufi, koleksi perpustakaan ini termasuk salah satu koleksi terbesar di Eropa dan bahkan di dunia. Bagian penting koleksi ini, bagian bernilai salah satu naskah tulisan tangan terkuno, yang mana bagian keduannya sekarang ini tersimpan diperpustakaan nasional kota Paris.

Al-Quran Tatar Naskah tulisan tangan tunggal al-Quran disimpan di arsip naskah kuno pemerintah Rusia di kota Moskow, yang digunakan di sejumlah majelis dan di pelbagai acara untuk melaksanakan sumpah.


Dalam naskah ini, surah An-Nahl ayat 91 ditulis dengan huruf-huruf emas, yang dipakai untuk melaksanakan sumpah.

Al-Quran Miniatur Delapan Segi Tiga naskah miniatur delapan segi disimpan di museum Antropologi dan Etnologi Peter the Great di akademik sains Rusia.



Al-Quran Fabergé

Salah satu naskah kuno al-Quran lainnya terkait pembuat permata tersohor, Peter CarlFabergé, yang dibeli dari ratu Perancis, Princess Cécile Murat.


Setelah revolusi Rusia, pemerintah menjual bagian pekerjaan Fabergé. Kumpulan naskah tulisan tangan timur yang terkait pada CarlFabergé, saat ini ada di museum kota St. Petersburg.

(IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: