Pesan Rahbar

Home » , » Penggunaan Berlebih Ponsel Tingkatkan Bahaya Kerabunan

Penggunaan Berlebih Ponsel Tingkatkan Bahaya Kerabunan

Written By Unknown on Wednesday 10 May 2017 | 19:58:00


Salah satu anggota Dewan Ketua Asosiasi Optometri Iran mengabarkan meluasnya bahaya kerabunan yang dari hari ke hari terus meningkat akibat penggunaan telepon seluler, tablet dan komputer secara berlebihan.

Astan News melaporkan, Dr. Abdollah Farzaneh di sela kongres nasional Asosiasi Optometri Khorasan ke-18 mengatakan, kerabunan menyebar begitu cepat terutama di kalangan kaum muda dan remaja, padahal masalah ini dapat dicegah.

Menurutnya, strategi paling tepat untuk mencegah penyebaran kerabunan akibat penggunaan terlalu lama alat-alat elektronik seperti telepon genggam dan tablet adalah pendidikan.

Dr. Farzaneh menjelaskan, kita harus memberikan pendidikan kepada anak-anak, pemuda dan remaja agar mereka mengatur jarak gadget dari mata, mengatur cahaya ruangan dan memperhatikan aturan “20-2-20”.

Terkait aturan “20-2-20” Dr. Abdollah Farzaneh menerangkan, berdasarkan aturan ini, mata harus beristirahat setiap 20 menit menggunakan gadget selama 2-5 menit.

Ia juga menyinggung cedera-cedera lain yang mengancam mata akibat penggunaan terlalu lama alat-alat elektronik dan menuturkan, sindrom CBS pada kenyataannya meliputi penyakit-penyakit seperti sakit leher, sakit pinggang, mata lelah dan yang penyakit lain yang diakibatkan oleh penggunaan terlalu lama komputer, tablet dan telepon genggam.

Pakar Optometri Iran itu menekankan pentingnya tes skrining terutama pada usia kanak-kanak dan remaja.

“Penggantian dan pembuatan kacamata medis dan kacamata hitam merupakan keahlian para pakar Optometri dan campur tangan orang-orang bukan ahlinya dalam masalah ini hanya membahayakan keselamatan mata masyarakat,” pungkasnya.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: