Pesan Rahbar

Home » » Sabtu Ini, Awal Bulan Ramadhan di Negara-Negara Islam

Sabtu Ini, Awal Bulan Ramadhan di Negara-Negara Islam

Written By Unknown on Friday 26 May 2017 | 17:17:00


Sejumlah besar negara-negara Islam yang meliputi Mesir, Arab Saudi, Yordania, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Bahrain mengumumkan bahwa awal bulan suci ramadhan tahun ini akan jatuh pada hari Sabtu ini.

Shabestan News Agency melaporkan bahwa hari Jumat ini merupakan hari penyempurna bulan Sya’ban, dan hari Sabtu merupakan hari pertama masuknya bulan ramadhan tahun ini. Mufti Mesir, Dr Ali Jumah dalam penjelasannya mengatakan bahwa Mesir mematuhi keputusan muktamar Jedah melalui organisasi Islam tahun 1966 yang menghasilkan keputusan khusus penetapan awal bulan qamariah, yaitu penghihatan bulan sabit (hilal) melalui penglihatan syariat.

Di Arab Saudi, kantor kerajaan Saudi mengumumkan bahwa Sabtu merupakan hari pertama puasa ramadhan dan hari jumat sebelumnya merupakan hari penyempurna bulan sya’ban. Begitu juga dengan Mufti Palestina, Syeikh Muhammad Husein bahwa hari Sabtu merupakan awal hari ramadhan.

Pengumuman yang sama bahwa hari Sabtu adalah awal puasa juga disampaikan oleh Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Yordania, Tunisia, dan Suriah.

Mufti Republik Libanon, Syeikh Dr Muhammad Rasyid Raghib Qabbani mengatakan, hilal belum terlihat pada malam sebelumnya maka hari jumat dipastikan sebagai hari terakhir bulan sya’ban yang sempurna menjadi 30 hari. Dengan demikian, hari Sabtu menjadi awal bulan puasa ramadhan.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: