Pesan Rahbar

Home » » Sebuah Pameran Yang Berbeda di Masjid Bangladesh

Sebuah Pameran Yang Berbeda di Masjid Bangladesh

Written By Unknown on Friday 12 May 2017 | 15:03:00


Seniman asal Bangladesh menyelenggarakan pameran galeri dari arsitek dan seni masjid BaitUr Rouf di Dhaka, Bangladesh di tembok-tembok luar masjid ini.

Menurut laporan IQNA seperti dikutip dari thedailystar, Shahid al-Ilm, fotografer dan seniman tersohor Bangladesh dapat memamerkan sejumlah galeri dan desain-desain arsitek dan seni masjid BaitUr Rouf, yang dikarenakan desain yang kompatibel dengan bangunan, dapat memikat sejumlah arsitek dan desainer di seantero dunia, yang dipamerkan di sebuah pameran di atas tembok luar masjid ini.

Pameran yang dibuka Senin (8/5) dalam sepanjang hari menyambut para pengunjung.

Masjid BaitUr Rouf yang menyabet hadiah Agha Khan (Aga Khan Award for Architecture/AKAA) pada tahun 2016, dibangun oleh Marina Tabassum, arsitek tersohor Bangladesh.

Kriteria khusus masjid ini adalah selain desain struktur modern, juga menjaga arsitek klasik masjid, khususnya di bagian dalam bangunan.

Shahid al-Ilm dalam acara pembukaan pameran ini mengatakan, sudah lama sekali saya datang ke masjid ini dan mengambil foto dan selama ini saya mengerti bahwa masjid bukan hanya untuk pelaksanaan shalat, bahkan juga tempat istirahat masyarakat, pusat pendidikan dan pembelajaran, tempat bermain anak-anak di halaman luar masjid, dan bahkan tempat makan dan bersarang sejumlah burung.

"Saya melihat anak-anak di luar masjid sedang asik bermain sepak bola, dan ketika bola mereka masuk ke dalam masjid, sang abdi masjid dengan tanpa ribut dan dengan santun memberikan bola tersebut kepada anak-anak dan semua ini menunjukkan pengampunan, sambutan, dan jamuan tiada tara masjid ini kepada masyarakat seluruh agama,” ucapnya.

Al-Ilm mengungkapkan, masjid BaitUr Rouf menyerupai masjid Nabawi (Saw) di Madinah, selain dilakukan ritual-ritual ibadah, juga merupakan tempat pendidikan dan menyambut masyarakat pelbagai agama.

Dalam galeri-galeri ini, fotografer Bangladesh ini menggambarkan seluruh cerita pembuatan masjid dalam gaya identifier dan dengan unsur-unsur arsitek dan alami.





(The-Daily-Star/IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: