Pesan Rahbar

Home » » Trump Konfirmasi AS Dukung Pemberontak Suriah

Trump Konfirmasi AS Dukung Pemberontak Suriah

Written By Unknown on Friday 28 July 2017 | 01:00:00


Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trumptampaknya telah secara tak sengaja mengonfirmasi adanya program rahasia CIA di Suriah. Adapun program rahasia tersebut adalah tentang keterlibatan atau peran pemerintah AS dalam membantu pemberontak di Suriah untuk menggulingkan dan mendepak Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Dalam serangkaian cicitannya di Twitter, Trump menyerang Washington Post terkait laporan yang mereka publikasikan tentang penghentianupaya AS dalam membentu pemberontak Suriah untuk mendepak Assad. Trump pun menyinggung program rahasia CIA di Suriah.

Amazon Washington Post membuat fakta tentang pembayaran akhir-akhir saya yang sangat besar, berbahaya, dan boros kepada pemberontak Suriah yang memerangi Assad, ujar Trump lewat Twitter pribadinya seperti dikutip laman The Independent, Selasa (25/7).

Program tersebut merupakan program terslubung hingga Trump mengungkapkan keberadaannya di Twitter. Jika laporan media benar, Presiden ASbaru saja mengonfirmasi program aksi rahasia CIA. Di Twitter, ucap Ned Price, seorang mantan pegawai CIA, melalui akun Twitternya.

Dalam laporannya, Washington Post, mengutip pernyataan pejabat AS, menerangkan bahwa AS tengah berupaya menghentikan program dukungan untuk para pemberontak di Suriah. Hal itu dilakukan karena kekhawatiran Trump terkait kemungkinan adanya hubungan kerja sama dengan Rusia.

Trump dilaporkan telah membuat keputusan tersebut hamper sebulan lalu, tepatnya setelah menggelar pertemuan dengan Direktur CIA Mike Pompeo dan penasihat keamanan nasional AS H.R. McMaster. Kendati demikian sekretaris pers Gedung Putih menolak tentang adanya diskusi tersebut.

Ia mengatakan kepada awak media ia tidak mengetahui apakah penghentian program rahasia CIA di Suriah muncul dalam diskusi Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan puncak KTT G-20 di Hamburg, Jerman.

(The-Independent/Republika/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: