Pesan Rahbar

Home » » Sebaik-Baiknya Teman Menurut Al-Qur’an

Sebaik-Baiknya Teman Menurut Al-Qur’an

Written By Unknown on Tuesday 15 August 2017 | 18:45:00


Dari syuhada ialah Hamzah, dari orang-orang saleh ialah Al-hasan dan Al-husain, dan dari sebaik-baiknya teman ialah Al-Qaim dari keluarga Muhammad saww.

Shabestan News Agency, dalam surat An-Nisaa ayat 69 disebutkan “Dan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama- sama dengan orang- orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi- nabi, para shiddiiqiin, orang- orang yang mati syahid dan orang- orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik- baiknya.”

Dalam surat Al-fatihah disebutkan “Engkau telah memberikan nikmat kepada mereka” merupakan mishdaq dari Sirathal Mustaqiim, dan dalam ayat lainnya di samping ayat ini terdapat juga kelompok yang telah diberikan oleh Allah swt, seolah-olah ayat ini menunjukan bahwa selain jalan anbiya, syuhada, orang-orang yang shadiq dan orang-orang yang saleh jalan lainnya adalah jalan yang sesat.

Dalam ayat tersebut juga disebutkan “dan mereka itu adalah sebaik-baiknya teman” yang menunjukan bahwa sebaik-baiknya teman ialah anbiya, syuhada, orang-orang benar dan saleh, teman-teman kita di dunia ini juga harus dengan ciri-ciri seperti itu.

Rasulullah saww saat menjelaskan tafsiran ayat tersebut berkata “yang dimaksud dari para nabi ialah Muhamamad, dari orang-orang yang benar ialah Ali bin Abi Thalib as, dari syuhada ialah Hamzah, dari orang-orang saleh ialah Al-hasan dan Al-husain, dan dari sebaik-baiknya teman ialah Al-Qaim dari keluarga Muhammad saww.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: