Pesan Rahbar

Home » » Bahasa Asing di Perpustakaan Razavi Bertambah Jadi 92 Bahasa

Bahasa Asing di Perpustakaan Razavi Bertambah Jadi 92 Bahasa

Written By Unknown on Tuesday 19 September 2017 | 19:21:00


Jumlah bahasa asing yang ada di Aula buku-buku asing di perpustakaan pusat Haram Suci Razavi, bertambah menjadi 92 bahasa setelah ditambahkan sebuah buku berbahasa Ukraina.

Astan News melaporkan, petugas Aula buku-buku bahasa asing di Lembaga Perpustakaan, Museum dan Pusat Dokumen, Haram Suci Razavi mengatakan, buku “Pelayanan-pelayanan Keilmuan Ibnu Sina” diterjemahkan ke bahasa Ukraina dan dicetak dalam sebuah buku setebal 376 halaman pada tahun 2009. Buku ini kemudian dihadiahkan oleh Dr. Amir Reza, salah seorang intelektual Islam, ke perpustakaan pusat Haram Suci Razavi.

Hamidreza Montazer Abadi, Petugas Aula buku-buku asing menyebut Aula buku-buku asing sebagai salah satu bagian terpenting lembaga ini dan menuturkan, saat ini sekitar 115 ribu jilid buku dalam 92 bahasa dunia kecuali Farsi dan Arab, disimpan di tempat ini.

Ia juga menjelaskan bahwa Aula buku-buku asing yang memiliki luas 518 meter persegi, terbagi menjadi dua bagian, bagian penyimpanan dan unit peminjaman. Lebih dari 20 ribu jilid buku dalam tiga bahasa, Perancis, Inggris dan Urdu, dan sekitar 1.700 sumber audio dan audio-visual pendidikan beserta buku, dapat diakses oleh para peneliti dalam dan luar negeri di bagian peminjaman Aula buku-buku asing.

Montazer Abadi menerangkan, jumlah Al Quran terjemahan yang ada di Aula buku-buku asing, perpustakaan pusat Haram Suci Razavi mencapai 74 bahasa.

“Sekitar 3.000 buku bernilai dan kuno yang dicetak sebelum tahun 1900 dan buku-buku langka serta ilustrasi baru disimpan di bagian penyimpanan, di sana juga disediakan format digital dari buku-buku tersebut,” tambahnya.

Abadi melanjutkan, “Kamus Kitab Suci Injil” dengan tulisan dan bahasa latin, adalah buku tertua yang disimpan di bagian ini. Tanggal penerbitannya 1473 sezaman dengan ditemukannya industri percetakan untuk pertama kali.

Petugas Aula buku-buku asing, perpustakaan pusat Haram Suci Razavi menjelaskan, buku-buku yang disimpan di tempat ini diperoleh dari hadiah dan pembelian.

Ia mengungkapkan, buku-buku rujukan terkini dalam bahasa Inggris, hampir seluruhnya tersedia di Aula buku-buku asing ini dan buku-buku bukan rujukan juga tersedia di bidang ilmu humaniora, keislaman, Iran dan Timur Tengah.

Menurut Abadi, Aula buku-buku asing terletak di lantai utama perpustakaan pusat, Haram Suci Razavi di depan Aula peneliti. Aula ini buka setiap hari Minggu mulai pukul 7:30 hingga 18:45, dan hari Selasa mulai pukul 7:30 hingga 13:30, sementara hari Kamis mulai pukul 7:30 hingga 12:30.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: