Pesan Rahbar

Home » » Tapa Bisu Sambut Satu Suro

Tapa Bisu Sambut Satu Suro

Written By Unknown on Thursday 21 September 2017 | 13:50:00


Malam 1 Suro (atau Tahun Baru Islam 1 Muharam) di Solo biasa diperingati dengan kirab pusaka oleh dua keraton yang ada di kota itu, yaitu Puro Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan. Namun, dua keraton memiliki perbedaan tentang jatuhnya 1 Suro sehingga berbeda dalam melakukan kirab pusaka.

Puro Mangkunegaran jauh hari telah mengumumkan lewat media sosial bahwa pihaknya akan mengadakan Kirab Pusaka Dalem 1 Suro pada Rabu 20 September 2017 mulai pukul 19.00 WIB.

Sebagaimana diwartakan tempo.co, malam 1 Suro di Pura Mangkunegaran Surakarta digelar dengan kirab pusaka dan tapa (semedi) bisu menandai datangnya Tahun Baru Jawa atau yang dikenal dengan Malam Satu Sura. Para kerabat dan masyarakat akan berjalan mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran.

“Peserta akan berjalan berkeliling tanpa boleh bicara,” kata Panitia Pelaksana Kirab Pusaka 1 Suro Pura Mangkunegaran, Joko Pramudyo, Rabu, 20 September 2017. Selain kirab, beberapa prosesi penyambutan malam 1 Sura juga digelar di Pendapa Mangkunegaran.

Menurut Joko, ritual tapa bisu selalu dilakukan sebagai bentuk perenungan. Mereka juga melakukan kontemplasi dan evaluasi diri terhadap hal-hal yang sudah dilakukan selama setahun terakhir. “Berbeda dengan penyambutan tahun baru masehi yang cenderung hura-hura,” katanya.

Kirab sekaligus tapa bisu itu akan diikuti oleh para kerabat Pura Mangkunegaran. Mereka juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengikuti kegiatan itu. “Banyak masyarakat yang biasanya ikut bergabung,” katanya.

Hanya saja, dia berharap masyarakat yang mengikuti acara itu bisa menyesuaikan tatakrama kirab. Salah satunya dengan ikut mengenakan pakaian tradisional Jawa. “Selain itu harus berdiam diri selama prosesi kirab berlangsung,” katanya.

Seusai kirab, mereka akan melanjutkan semedi di Pendapa Mangkunegaran. Semedi dilakukan selama satu jam dan dimulai tepat saat tengah malam.

(Tempo/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: