Pesan Rahbar

Home » » Imam Ali bin Abi Abi Thalib as; Kesan dan Pengaruh Kepribadian Imam Ali bin Abi Thalib as

Imam Ali bin Abi Abi Thalib as; Kesan dan Pengaruh Kepribadian Imam Ali bin Abi Thalib as

Written By Unknown on Wednesday, 1 November 2017 | 02:38:00


Ali bin Abi Thalib adalah amir mukminin, pemimpin para washi (orang yang mendapat wasiat), khalifah Rasulullah yang pertama. Penetapan ini berdasar perintah Allah dan Rasulnya. Al-Quran dengan gamblang menjelaskan keismahannya, keterjagaan dan kesucian dari segala salah dan dosa. Nabi Muhammad saw melakukan mubahalah (sumpah setelah berdebat) disertai Imam Ali bin Abi Thalib, Fathimah dan kedua anaknya. Mereka berempat disebut Al-Qurba (keluarga). Wajib hukumnya mencintai mereka. Berkali-kali disebutkan bahwa keluarga Nabi adalah padanannya Al-Quran. Siapa yang berpegangan pada keduanya akan selamat, sementara yang meninggalkan keduanya akan tersesat.

Imam Ali bin Abi Thalib AS. Tumbuh dan besar lewat asuhan Rasulullah saw. Sejak kecil ia disuap oleh Nabi. Ia adalah seorang murid yang senantiasa setia terhadap gurunya. Imam Ali bin Abi Thalib memerankan seorang saudara tanpa tendensi apapun berhadapan dengan Nabi. Ali bin Abi Thalib AS. orang pertama yang memeluk Islam, orang pertama yang salat bersama Nabi dan orang pertama yang lebur di jalan Allah. Ia mengorbankan dirinya demi kemenangan risalah Allah pada kondisi yang paling sulit sekalipun ketika berhadap-hadapan dengan masyarakat Arab jahiliah. Pengorbanannya dilakukan pada kedua periode perkembangan Islam, Mekkah dan Madinah. Pengorbanannya tidak hanya dilakukan semasa Nabi masih hidup namun hal itu berlangsung hingga ajal menjemput Rasul Allah dan setelah sepeninggal Nabi. Ali bin Abi Thalib luruh dalam prinsip dan risalah Allah sebagaimana ia adalah personifikasi kebenaran. Ia tidak pernah berpaling dari kebenaran walau seujung rambut.

Dhirar bin Dhamrah Al-Kannaani memerikan sifat-sifat mulai Ali bin Abi Thalib kepada Muawiyah bin Abi Sufyan. Mendengar sifat-sifat yang disandang Ali, ia langsung menangis. Mereka yang mendengarkan penyifatan itu juga ikut menangis. Kemudian ia memohon kepada Allah untuk memberikan kemurahan kepadanya dengan ucapannya:

‘Demi Allah! Ali adalah orang yang memiliki pandangan yang jauh ke depan dan sangat kuat. Ucapannya menyelesaikan setiap masalah, hukuman yang dijatuhkan mencerminkan keadilan. Ilmu memancar dari dirinya, hikmah selalu menghiasinya. Ia menjauhkan dirinya dari dunia dan gemerlapnya, meraih malam dan keheningannya menjadi teman. Dari Ali banyak pelajaran yang dapat diambil dan ia adalah orang yang berpikir panjang. Ia senantiasa membalikkan tangannya (untuk berdoa) dan sering berbicara kepada dirinya sendiri. Ia menyukai pakaian yang sederhana dan makanan secukupnya. Bila ia berada di tengah-tengah kerumunan orang tidak terlihat berbeda dengan orang lain. Bila seseorang hendak mendekatinya ia lebih dahulu menghampiri ke arah orang tersebut. Ia pasti menjawab bila ditanya. Bila diundang pasti datang. Ia senantiasa memberikan kabar bila kami menanyakan sesuatu. Demi Allah! Walaupun ia senantiasa mendekatkan dirinya kepada para sahabat atau ia berada dekat-dekat dengan mereka para sahabat segan berbicara dengannya. Keseganan itu muncul dari wibawa yang dimilikinya. Ia tersenyum bak mutiara yang tersusun. Ia senantiasa menghormati orang-orang alim dan dekat dengan kalangan mustadh’afin. Orang kaya tidak akan memanfaatkannya dalam kebatilan sebagaimana orang lemah tidak pernah berputus asa akan keadilannya.[1]

Imam Ali bin Abi Thalib membantu Rasulullah saw semenjak permulaan dakwah. Ia berjuang bersama Rasulullah. Perjuangannya dalam sejarah dakwah Nabi tidak dapat dibandingkan dengan para sahabat yang lain. Perjuangan yang dilakukannya berakhir pada suatu titik di mana malam tidak dapat membohongi pagi dan kebenaran muncul dalam dimensinya yang murni. Ia berbicara sebagai pemimpin agama. Ia membungkam asa para setan setelah terlebih dahulu membenamkan harapan serigala-serigala Arab dan keinginan-keinginan ahli kitab.[2]

Setelah Rasulullah saw menetapkan langkah-langkah dakwahnya untuk mengubah masyarakat jahiliah dalam masa yang singkat, jalan semakin terbuka untuk mencapai tujuan besar Islam. Di sisi lain, terbukanya jalan memiliki arti semakin sulit dan panjangnya perjalanan dakwah Islam. Kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi membutuhkan rancangan yang sempurna dan pemimpin yang sadar akan masalah ini. Pribadi pemimpin sepeninggal Nabi harus seorang yang tidak berbeda jauh kepribadiannya dengan Nabi sendiri baik dari sisi iman, kesempurnaan, keikhlasan, kematangan intelektual dan memiliki pengalaman yang cukup. Tentunya, secara alami, risalah penutup (baca: Islam) sebagai inti sari dakwah para nabi dan pewaris usaha yang telah dilakukan sebelumnya dan sebagai ajaran ilahi, hendaknya memiliki blue print yang jelas tentang masa depannya. Dengan alasan di atas, Nabi, dengan perintah Allah, memilih seorang pribadi yang lebur dan menyatu wujudnya dengan eksistensi dakwah Islam. Pribadi tersebut harus fana’ dan lebur dalam tujuan Islam dan tidak boleh terkotori oleh konsep-konsep jahiliah. Ia harus memiliki keutamaan-keutamaan seperti kesadaran penuh akan tanggung jawab yang diemban, keimanan, keikhlasan dan siap berkorban di jalan Allah.

Ali bin Abi Thalib adalah satu-satunya sahabat yang dipersiapkan oleh Rasulullah untuk mengemban tugas ini. Ali bin Abi Thalib adalah tokoh puncak pemikiran dan politik sepeninggal Nabi yang mampu menyambungkan proses perubahan panjang yang telah digariskan Nabi. Hal itu akan dilakukan dengan bersandarkan pada kaedah-kaedah yang jelas dan sadar yang telah dipersiapkan oleh Rasulullah untuk membimbing kaum Muhajirin dan Anshar.

Konsep hidup jahiliah yang telah melekat erat dalam kehidupan sosial waktu itu tidak hancur hanya dengan perang Badr, Hunain dan di sela-sela sebuah perjanjian terkait dengan penghancuran dan pemusnahan. Jelas, secara alamiah, ia akan muncul kembali dengan mengambil baju Islam agar dapat leluasa tampil di panggung masyarakat baru setelah puluhan tahun. Secara alamiah sikap dan ide-ide jahiliah perlahan-lahan akan merambah posisi-posisi kepemimpinan baik secara langsung maupun tidak. Dari sini, kembali kepada ide-ide dan kebiasaan jahiliah -menggabungkannya dengan kepemimpinan yang mendapat legalitas syariat di tengah masyarakat Islam memiliki dampak yang sangat berbahaya dari setiap dimensi permasalahannya. Sementara di sisi lain, prinsip-prinsip kepemimpinan Islam sendiri belum sempurna secara sadar- menjadi sebuah keniscayaan bahkan dinanti oleh setiap pemimpin yang memiliki kesadaran politik dan sosial yang sangat rendah sekalipun. Bila ini dapat dibayangkan bagaimana apakah Rasulullah tidak pernah memikirkan kondisi dan kemungkinan yang seperti ini?

Bila diandaikan bahwa risalah Islam bertujuan untuk mengubah realitas sebuah masyarakat jahiliah maka seyogianya untuk memperhatikan dengan sungguh-sungguh kenyataan ini dari setiap usaha untuk mengaburkan masalah yang sebenarnya. Setelah itu menyiapkan langkah-langkah perubahan baik untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Risalah Islam sendiri telah memiliki rancangan tersebut yang merupakan keharusan logis sebuah syariat. Rancangan Islam terimplementasikan pada ajaran-ajaran bagaimana dan kepada siapa seorang muslim harus merujuk masalah-masalah keagamaan dan politik. Islam memerintahkan umatnya untuk merujuk kepada para Imam yang terjaga dari perbuatan dosa. Itu pun setelah Nabi mengangkat Ali pada peristiwa Ghadir Khum (telaga Khum) sebagai pemimpin kaum mukminin dan meminta para sahabat waktu itu untuk melakukan baiat kepada Imam Ali bin Abi Thalib AS.

Rancangan Nabi berbenturan dengan realita yang dinanti oleh Nabi. Berbenturan juga dengan arus lemah yang kembali menunjukkan kurangnya kesadaran umat yang semestinya dapat membentuk lingkaran yang aman untuk melindungi kepemimpinan. Mayoritas kaum muslimin belum memahami secara mendalam bahwa konsep jahiliah bekerja sama di belakang layar untuk menggulingkan revolusi Islam. Problem yang dihadapi tidak hanya sekedar mengganti seorang pemimpin dengan pemimpin yang lain. Masalah yang dihadapi adalah penggantian rancangan Islam yang revolusioner dengan rancangan jahiliah yang berselimutkan Islam.

Peristiwa Saqifah (peristiwa pemilihan khalifah sepeninggal Nabi di tempat bernama Saqifah bani Saidah) menggugurkan rancangan kepemimpinan yang disiapkan oleh Nabi sang pemimpin. Lebih-lebih setelah pada kejadian tersebut Nabi telah tiada. Kejadian Saqifah membenarkan ramalan Al-Quran, ‘Muhammad hanyalah seorang utusan Allah. Sebelumnya telah diutus beberapa utusan. Apakah bila Muhammad mati atau terbunuh kalian akan kembali pada kondisi kalian sebelumnya?’[3]

Nabi telah menetapkan Ali bin Abi Thalib sebagai pelindung risalah, umat dan negaranya. Ia telah mewajibkan kepada Ali untuk menjaga risalah dan syariat sebagaimana ia juga telah diwajibkan untuk mendidik umat dan menjaga negara yang baru berdiri dan masih rentan terhadap goyangan.

Imam Ali bin Abi Thalib AS. telah melakukan usaha untuk mengembalikan permasalahan-permasalahan yang ada pada tempat yang seharusnya. Ia mengingkari proses Saqifah dan hasil kejadiannya dengan bertahan tidak melakukan baiat dan tidak mau bersikap kooperatif dengan penguasa terpilih dari peristiwa Saqifah. Usaha yang telah dilakukan tidak banyak manfaatnya bahkan kondisi yang ada sedemikian rupa sehingga beliau harus memilih antara tersungkurnya pemerintahan yang ada baik secara politis dan teritorial dan melindungi negara dengan menerima mereka yang tidak layak menjadi pemimpinnya.

Pada awalnya Imam Ali bin Abi Thalib AS. mengambil sikap pertama sebagaimana dicatat oleh sejarah ketika beliau berkata, ‘Aku berdiam diri ketika melihat kebanyakan orang telah berpaling dari Islam. Mereka berdoa untuk yang membenarkan agama Muhammad saw kondisi ini membuat aku khawatir, bila tidak membantu Islam dan pengikutnya, aku sedang melihat keretakan dan kehancuran. Kehancuran ini bagiku sangat berat sekali untuk ditanggung dari pada hilangnya kepemimpinan yang menjadi hakku. Kepemimpinanku yang kuanggap hanya sesuatu yang sangat tidak berarti. Ia akan lenyap bagaikan hilangnya fatamorgana atau sebagaimana awan yang lenyap’.[4]

Sikap yang diambil oleh Imam Ali bin Abi Thalib AS. dapat dilihat dari ujian yang dihadapinya selama 25 tahun. Semua kepahitan yang dirasakannya dihadapinya dengan penuh kesabaran dengan harapan ia dapat membantu terwujudnya persatuan di kalangan umat Islam dan dengan tidak adanya bentrokan negara muda yang telah dirintis pendiriannya oleh Nabi Muhammad saw . Itu semua dilakukan dengan membiarkan haknya terambil untuk sementara. Ia menjadi konsultan bagi para khalifah sekaligus menjadi penasihat mereka. Di samping itu, beliau tidak lupa untuk melakukan hal-hal lain yang lebih penting seperti mengumpulkan Al-Quran sekaligus menafsirkannya. Memberikan pencerahan kepada umat dengan menjelaskan makna-makna Al-Quran dan hakikatnya. Semua itu dilakukan tanpa melupakan menyingkap konspirasi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok dari kaum muslimin. Beliau juga sering meluruskan pemahaman-pemahaman yang salah tentang Islam dan juga praktek-praktek yang mengatasnamakan Islam. Pada saat yang sama beliau juga mengkader sejumlah sahabat yang masih beriman dan meyakini rancangan Nabi tentang kepemimpinan Islam dan berusaha agar ini dapat menyebar dan tidak lupa mengingatkan untuk berkorban demi terwujudnya rancangan Nabi.

Setelah bersabar selama dua puluh lima tahun akhirnya Imam Ali bin Abi Thalib AS. mulai memetik hasil dari usahanya. Tersingkaplah hakikat yang selama ini terpendam. Semuanya tampak di depan generasi yang mulai sadar. Mereka tahu bahwa Ali bin Abi Thalib AS. adalah yang paling layak untuk menjadi khalifah sepeninggal Nabi. Hanya Ali bin Abi Thalib satu-satunya yang mampu untuk memperbaharui apa yang telah rusak selama ini. Sebuah kondisi yang sangat sulit dan kompleks sementara keberpisahan mereka dari kebenaran telah semakin jauh. Mengenai masalah ini Imam Ali bin Abi Thalib AS. berkata, ‘Demi Allah! Aku tidak memiliki sedikit pun perasaan untuk menjadi khalifah, kalianlah yang meminta dan memaksaku untuk menjadi khalifah’.[5]

Setelah menjadi khalifah kaum muslimin beliau menyampaikan garis besar politiknya, ‘Ketahuilah! Aku telah menerima permintaan kalian untuk menjadi khalifah namun aku akan berbuat sesuai dengan pengetahuanku. Aku tidak akan memerintah dengan mengikuti ucapan atau peringatan orang lain (sesuai dengan khalifah terdahulu)’.[6]

Pada kesempatan lain beliau mengucapkan, ‘Wahai Allah! Engkau mengetahui bahwa tidak satu pun dari kami (Ahli Bayt) yang ingin berebut kekhalifahan dan mengais runtuhan puing-puing. Yang menjadi perhatian kami adalah mengembalikan ajaran-ajaran agama Mu sekaligus melakukan perubahan di negeri-Mu sehingga hamba-hamba-Mu yang dizalimi merasa aman karena hak-haknya dilindungi dan batasan-batasan agama yang selama ini dilalaikan dapat ditegakkan kembali’.[7]

Imam Ali bin Abi Thalib AS. sendiri melakukan usaha sebisa mungkin untuk merealisasikan keadilan sosial dan politik di tengah-tengah masyarakat. Keamanan, kebebasan, kesejahteraan, dan menjaga stabilitas negara dengan menjaga persatuan umat dengan berusaha mendidik, mengajari dan memberikan umat hak-haknya secara sempurna. Tidak lupa ia memberhentikan pejabat-pejabat korup dan menggantikannya dengan orang-orang saleh yang dapat dipercaya tanpa meninggalkan pengawasan yang ketat. Usaha terakhir ini dilakukan untuk menjauhkan lingkaran pemerintahan dari orang-orang yang tamak dan rakus akan kekuasaan. Imam Ali bin Abi Thalib AS. konsekuensi dengan sikapnya; terbuka dan selalu bersikap benar di setiap dimensi masalah. Ia tidak akan memerintah dengan perbuatan yang memalukan seperti menipu dan mencurangi. Beliau berjalan searah dengan rancangan yang telah disiapkan oleh saudara dan anak pamannya Muhammad Rasulullah saw.

Usaha Imam Ali bin Abi Thalib AS. mendapat penentangan keras dari seluruh kekuatan tamak yang merasa posisinya dalam bahaya secara politik, sosial dan ekonomi. Semua kekuatan yang ada saling bahu membahu, mereka yang ikut dalam kasus pembunuhan Usman, menyuarakan slogan untuk meminta pertanggungjawaban atas kejadian itu kepada khalifah terpilih Imam Ali bin Abi Thalib AS. Ada yang kemudian muncul dalam peristiwa Nakitsin (pasukan Jamal yang kemudian dikenal dengan perang Jamal), Qasithin (pasukan Muawiyah yang kelak dikenal dengan perang Shiffin) dan Mariqin (kaum Khawarij). Imam Ali bin Abi Thalib AS. setelah melakukan perjuangan yang sulit ia sendiri menjadi martir dan tubuhnya disiram oleh darahnya yang suci. Kejadian itu terjadi di mihrab tempatnya melakukan salat di Masjid Kufah pada malam lailatul qadr tahun keempat puluh hijriah. Imam Ali bin Abi Thalib telah meraih kemenangannya dengan mereguk manisnya syahadah dan menang berada di jalur dan nilai-nilai risalah dan kebenaran demi menegakkan Islam. Ini sebuah kemenangan revolusi nilai ilahi atas nilai jahiliah.

Salam untuk mu wahai Amir Mukminin dan pemimpin orang-orang yang putih bercahaya karena bekas wudu di hari kelahiran mu, di hari engkau dibesarkan di ruang risalah, di hari engkau berusaha untuk meninggikan bendera Islam, di hari ketika engkau sabar dan memberi nasihat, di hari ketika engkau dibaiat dan memerintah, di hari ketika terbukanya kedok jahiliah yang senantiasa bersembunyi dibalik slogan Islam, di hari ketika engkau menjadi martir dan darahmu yang suci menyiram pohon Islam menjadi lebih lebat dan di hari ketika engkau dibangkitkan di mana engkau membawa tanda-tanda kemenangan di surga yang tinggi.


Referensi:

[1] . Al-Isti’ab (Al-Mathbu’ bi Hamisyi Al-Ishabah), jilid 3, hal 44, terbitan Dar Ihya At-Turats Al-‘Arabi, Beirut.

[2] . Bagian dari pidato Fathimah Az-Zahra AS. yang terkenal di hadapan Abu bakar, Umar bin Khatthab dan seluruh kaum muhajirin dan Anshar tidak lama setelah meninggalnya Nabi dan meminta untuk mengembalikan kekhalifahan kepada Ali.

[3] . QS. 3:144.

[4] . Allamah Majlisi, Bihar Al-Anwar, jilid 33, hal 596-597, Bab Al-Fitan Al-Haditsah bi Mishr, cetakan Wizarah At-Tsaqafah wa Al-Irsyad Al-Islami, 1368 HS.

[5] . Allamah Majlisi, Bihar Al-Anwar, jilid 32, hal 50, Bab Bai’ah Amir Al-Mu’minin.

[6] . Allamah Majlisi, Bihar Al-Anwar, jilid 32, hal 36. [7] . Allamah Majlisi, Bihar Al-Anwar, jilid 34, hal 111, Bab Al-Fitan Alati Waqa’at fi Zaman Ali AS.


Kesan dan pengaruh kepribadian Imam Ali bin Abi Thalib AS.

Kehidupan Imam Ali bin Abi Thalib AS. berbarengan dengan masa pergerakan wahyu hingga terputusnya wahyu sepeninggal Nabi. Ia memiliki posisi yang mulia di sisi Nabi. Posisi ini yang membuatnya berusaha untuk membantu dan melindungi Rasul Allah dan risalah selama dua puluh tiga tahun dengan perjuangan yang terus menerus. Pembelaannya terhadap batasan-batasan Islam yang suci. Kias balik posisi, perbuatan-perbuatan dan keutamaan yang dimilikinya dengan indah dilukiskan oleh ayat-ayat Al-Quran dan teks-teks hadis.

Ibnu Abbas berkata, ‘Ada 300 ayat yang turun berkenaan dengan Ali’.[1] Dan setiap turun ayat yang berbunyi Yaa ayyuhal ladzina aamanuu (wahai orang-orang yang beriman) Ali bin Abi Thalib pasti disebutkan di sana karena ia adalah pemimpin dan yang termulia dari orang-orang yang beriman.[2] Allah dalam sebagian ayat-Nya pernah memperingatkan para sahabat Nabi namun setiap kali menyebutkan tentang Ali pasti berkenaan dengan yang baik.[3]

Banyaknya jumlah ayat yang turun berkenaan dengan Imam Ali bin Abi Thalib AS. oleh ulama mutaqaddimin (yang terdahulu) maupun muta’akhirin (yang terakhir) dikumpulkan dalam buku-buku mereka. Sebagian dari ayat-ayat yang memiliki sangkut paut dengan Imam Ali bin Abi Thalib akan disebutkan sesuai juga dengan penjelasan para ahli hadis:

Riwayat dari Ibnu Abbas: Pernah Ali bin Abi Thalib hanya memiliki uang empat dirham. Dengan empat dirham itu ia memberikan sedekah satu dirham pada malam hari dan satu dirham lagi di siang hari. Dua dirham terakhir juga disedekahkan; satu dirham secara sembunyi-sembunyi sementara dirham terakhirnya disedekahkan secara terang-terangan. Setelah melakukan hal tersebut turun ayat yang berbunyi, ‘Orang-orang yang menginfakkan hartanya di malam dan siang hari, secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. Bagi mereka yang berbuat demikian pahalanya ada di sisi Tuhannya. Orang yang melakukan ini tidak memiliki rasa takut dan tidak pernah bersedih’.[4]

Dari Ibnu Abbas: Ali bin Abi Thalib bersedekah dengan cincinnya sementara ia dalam kondisi melakukan ruku’. Kemudian Nabi bertanya kepada pengemis, ‘Siapa yang memberimu cincin ini? Ia menunjuk sambil berkata, ‘Yang memberiku orang yang sedang melakukan ruku’ itu’. Setelah itu turun ayat, ‘Wali/pemimpin kalian hanyalah Allah dan Rasulnya dan orang-orang yang beriman, orang-orang yang menegakkan salat sembari memberikan sedekah dalam kondisi ruku’.[5]

Ayat Tathir[6] menunjukkan bahwa Ali termasuk Ahli Bayt wahyu yang disucikan dari segala noda dan dosa. Sementara ayat Mubahalah[7] mengatakan bahwa Ali adalah jiwa Nabi.
Surat Al-Insan menjadi bukti akan keikhlasan Ali dan keluarganya dan kekhusyu’an mereka kepada Allah. Bukti dan persaksian ilahi ini menjadi penjamin bahwa mereka adalah ahli surga.[8]

Para tokoh ahli hadis menyiapkan bab khusus dan bagian tersendiri berkenaan dengan keutamaan Ali terkait dengan riwayat-riwayat Rasulullah saw. Sejarah panjang kemanusiaan belum pernah mengenal manusia yang lebih utama dari Ali bin Abi Thalib setelah Rasul. Tidak pernah tercatat untuk orang lain keutamaan sebagaimana yang tertulis untuk Ali bin Abi Thalib sekalipun ia banyak menuai cercaan dan makian di atas mimbar salat Jumat sepanjang kekuasaan bani Umayyah dan orang-orang yang membencinya. Mereka yang membencinya senantiasa berusaha untuk mengurangi keutamaan Ali sampai tidak lagi ditemukan apa yang dapat dilakukan. Semua usaha menemui jalan buntu. Umar bin Al-Khatthab berkata bahwa Rasulullah sempat bersabda, ‘Tidak ada seorang pun yang dapat meraih keutamaan seperti keutamaan yang dimiliki Ali. Keutamaan ini selalu menunjukkan pemiliknya ke jalan hidayah dan mencegahnya dari kehancuran.[9]

Dikatakan kepada Ali bin Abi Thalib, ‘Bagaimana bisa engkau banyak meriwayatkan hadis dari Rasulullah saw lebih dari sahabat yang lain? Ia menjawab, ‘Bila aku bertanya niscaya Nabi memberi kabar kepadaku. Bila aku diam Nabi yang memulai memberitahukan kepadaku’.[10]

Dari Ibnu Umar, ‘Pada hari penetapan persaudaran yang dilakukan Nabi kepada para sahabat, Ali bin Abi Thalib tiba dengan air mata berlinang. Rasulullah saw bersabda, ‘Engkau adalah saudaraku di dunia dan di akherat’.[11]

Dari Abi Laila Al-Ghiffari berkata, ‘Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Sepeninggalku akan terjadi fitnah. Bila fitnah itu terjadi maka hendaklah kalian berpegangan dengan Ali bin Abi Thalib. Ia pertama kali orang yang beriman kepadaku. Orang pertama yang menyalamiku di hari kiamat. Ia adalah orang yang paling jujur (As-Shiddiq Al-Akbar). Ia adalah pemisah (Faruq) umat ini. Ia merupakan pemimpin (lebah jantan) kaum mukminin sementara harta adalah pemimpin kaum munafikin’.[12]

Seluruh khalifah mengatakan bahwa Ali adalah yang paling mengetahui dan paling tepat dalam mengadili, hakim. Lebih dari itu, mereka sepakat bahwa seandainya Ali tidak ada niscaya mereka pasti celaka. Ungkapan ini lebih dikenal dalam ucapan-ucapan Umar yang berbunyi, ‘Seandainya tidak ada Ali niscaya Umar telah celaka’.[13]

Dari Jabir bin Abdillah Al-Anshari berkata, ‘Kami tidak pernah mengenal orang-orang munafik kecuali lewat kebencian mereka terhadap Ali bin Abi Thalib’.[14]

Ketika Muawiyah tiba di tempat terbunuhnya Ali bin Abi Thalib AS. ia berkata, ‘Pemahaman yang detil dan ilmu telah lenyap dengan meninggalnya ibnu Abi Thalib’.[15]

As-Sya’bi berkata, ‘Keberadaan Ali bin Abi Thalib di tengah-tengah umat Islam sebagaimana keberadaan Isa bin Maryam di tengah-tengah Bani Israil. Sebagian dari pengikutnya begitu mencintainya sehingga mereka sampai pada batasan kekafiran akibat kecintaan yang berlebihan. Sementara sebagian yang lain begitu membencinya sehingga mereka sampai pada batasan kekafiran akibat kebencian yang berlebihan’.[16]

Ali adalah paling dermawannya manusia. Ia senantiasa berakhlak sebagaimana yang diinginkan Allah; dermawan dan tangannya senantiasa terbuka. Ia tidak pernah berkata ‘tidak’ seumur hidupnya untuk peminta-minta.[17]

Sha’sha’ah bin Shuhan berkata kepada Ali bin Abi Thalib di hari ketika ia dibaiat, ‘Demi Allah! Wahai Amir Mukminin, engkau telah menghiasi khilafah sementara khilafah tidak pernah membuatmu terhiasi. Engkau telah meninggikan derajat khilafah sementara khilafah tidak pernah meninggikanmu. Kekhalifahan lebih membutuhkanmu dibanding kebutuhanmu terhadapnya.

Dari Abi Syibrimah, ‘Tidak pernah ada seorang pun yang berkata di atas mimbar ‘Saluni’ (tanyailah aku), selain Ali bin Abi Thalib’.[18]

Al-Qa’qa’ bin Zurarah berdiri di sisi kuburan Ali sambil berkata, ‘Semoga Allah rela denganmu. Demi Allah! Kehidupanmu selama ini adalah kunci kebaikan. Seandainya masyarakat sebelum ini menerimamu niscaya mereka akan mendapat makanan dari langit dan dari bawah kaki-kaki mereka. Sayangnya mereka menganggap remeh nikmat yang selama ini ada bersama mereka dan lebih mementingkan dunia’.[19]

George Jordaq seorang Masehi berkata dalam bukunya ‘Al-Imam Ali bin Abi Thalib Shaut Al-‘Adalah Al-Insaniyah’ (Ali suara keadilan manusia), berkata, ‘Ali bin Abi Thalib salah satu dari orang yang unik dan sulit ditemukan yang semisalnya. Bila engkau mengetahui hakikat mereka pasti engkau terjauhkan dari status taklid. Engkau akan memahami fokus keagungan mereka yang terwujud dalam keimanan mutlak akan kemuliaan manusia, kebenaran manusia yang kudus dalam kehidupan yang bebas dan mulia. Manusia yang semacam ini yang diinginkannya selamanya. Kejumudan, keterbelakangan dan senantiasa terhenti pada kondisi sebelumnya atau masa kini hanyalah sebuah kematian dan penunjuk pada kefanaan.[20]

Syibli Shcmeil berkata, ‘Imam Ali bin Abi Thalib paling agungnya orang yang teragung. Pribadi satu-satunya yang tidak akan pernah ada yang menyamainya, baik di barat maupun di timur, tidak juga sebelum dan sesudahnya’.[21]

Ali bin Abi Thalib tetap tinggal sebagai rumusan dan kepemimpinan praktis yang tidak dapat dipisahkan. Ia senantiasa konsekuensi bersama generasi sahabat-sahabat besar dengan pengertian pertama Islam sebagai petunjuk dan pengorbanan guna memperbaiki alam dan membentengi Islam menuju ke jalan kebenaran dan keadilan. Dengan kata lain, sesuai dengan pengertian Islam sebagai revolusi yang tetap dan berkelanjutan.

Muawiyah di sela-sela peperangannya dengan Imam Ali bin Abi Thalib menampakkan dirinya di hadapan generasi muda muslim sebagai orang yang berada di puncak kekuasaan dengan ekspansinya. Di sisi yang lain ia tidak ingin melepaskan ketamakannya atas kekayaan materi yang telah dikumpulkannya. Sikap permusuhan yang sangat dalam dan kelam ini sangat merusak dan memiliki daya hancur yang kuat. Hal ini memberikan kesempatan kepada Muawiyah untuk mengukuhkan rasa cinta keduniaan yang mengakar. Rasa ini mengoyak-ngoyak persatuan kaum muslimin. Kondisi ini memberikan sebuah lahan baru tentang hak-hak milik agama yang lebih mencakup kepada politik pemerintahan dalam menghadapi semangat risalah dan revolusi.[22]

Masih seputar masalah ini, profesor Hasyim Ma’ruf menulis:

“Imam Ali bin Abi Thalib adalah fenomena historikal yang tidak pernah dikenal oleh umat manusia dalam kehidupan mereka. Ketidaktahuan ini mulai dari kelahirannya. Tempat lahirnya merupakan tempat yang sangat fenomenal dalam sejarah. Belum pernah ada seorang pun yang pernah dilahirkan di sana (Ka’bah), tidak sebelumnya dan tidak sesudahnya. Sebagaimana ia dilahirkan di rumah Allah, saat menghadapi kematiannya oleh Allah ia dikeluarkan dari rumahnya.”

Ditambahkan olehnya:

‘Belum pernah terjadi dalam sejarah kemanusiaan seperti yang terjadi pada Ali bin Abi Thalib. Orang-orang yang tidak memiliki keimanan seperti para pecintanya menganggapnya sebagai pemimpin yang terdepan dan salah satu manusia terjenius yang pernah dilahirkan zaman. Orang-orang yang obyektif mencintainya, memandangnya sebagai pendamping kenabian dan kerasulan. Sementara orang-orang yang berlebih-lebihan dalam mencintainya meletakkannya pada posisi ketuhanan.”[23]


Referensi:

[1] . Al-Futuhat Al-Islamiyah, jilid 2, hal 516.

[2] . Kasyf Al-Ghummah, hal 93.

[3] . Yanabi’ Al-Mawaddah, 126.

[4] . QS. 2:273. Lihat Yanabi’ Al-Mawaddah, hal 92.

[5] . QS. 5:55. Lihat Tafsir At-Thabari, jilid 6, hal 165, Tafsir Al-Baidhawi dan lain-lainnya.

[6] . QS. 33:33. Lihat Shahih Muslim, Bab Fadhail As-Shahabah.

[7] . QS. 3:61. Lihat Shahih At-Turmudzi, jilid 2, hal 300.

[8] . Lihat Al-Kassyaf milik Az-Zamakhsyari. At-Thabari di Ar-Riyadh An-Nadhirah, jilid 2, hal 207.

[9] . Ar-Riyadh An-Nadhirah, jilid 1, hal 166.

[10] . Thabaqat Ibnu Sa’ad, jilid 2, hal 338. Hilyah Al-Auliya’, jilid 1, hal 68.

[11] . Sunan At-Turmudzi, jilid 5, hal 595, hadis nomor 3720.

[12] . Ibnu Hajar, Al-Ishabah, jilid 4, hal 171, nomor 994. Majma Az-Zawaid, jilid 1, hal 102.

[13] . Syarh Nahjul Balaghah, jilid 1, hal 6. Tadzkirah Al-Khawash, hal 87.

[14] . Al-Isti’ab bi Hamisy Al-Ishabah, jilid 3, hal 45.

[15] . Idem.

[16] . Al-‘Aqd Al-Farid, jilid 2, hal 216.

[17] . Syarh Nahjul Balaghah, jilid 1, hal 7.

[18] . Aimmatuna, jilid 1, hal 94, dinukil dari ‘Ayan As-Syi’ah, jilid 3, bagian 1, hal 103.

[19] . Tarikh Al-Ya’qubi, jilid 2, hal 213.

[20] . Al-Imam Ali Shaut Al-‘Adalah Al-Insaniyah, jilid 1, hal 14.

[21] . Idem, hal 35.

[22]. Burhan Ghalyiun, Naqd As-Siyasah, Ad-Daulah wa Ad-Din, hal 78, cetakan kedua 1993, Al-Muassasah Al-‘Arabiyah lil Dirasah wa An-Nasyr. [23] . Sirah Al-A’immah Al-Itsna ‘Asyr.


(Islamic-Sources/Islam-Menjawab/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: