Pesan Rahbar

Home » » Doa Saat Keluar Dari Masjid

Doa Saat Keluar Dari Masjid

Written By Unknown on Tuesday 30 October 2018 | 20:18:00


Orang yang paling dikasihi di sisi Tuhan adalah yang paling awal mendatangi masjid, dan yang paling akhir meninggalkan masjid. Dalam riwayat juga dikatakan, makruh keluar dari masjid setelah terdengar azan, kecuali telah melakukan shalat atau mempunyai maksud untuk kembali lagi.

Agama Islam telah memberikan hukum-hukum dan etika untuk seluruh amal dan perbuatan, begitu juga terdapat hukum-hukum khusus saat hendak keluar dari masjid.

Aturan-aturan berikut berkaitan dengan hal-hal yang perlu dilakukan saat hendak keluar dari masjid:

1. Mempunyai rencana untuk kembali lagi ke masjid. Rasulullah Saw bersabda, Kelak terdapat tujuh golongan yang akan berlindung di bawah bayangan dzat Suci Tuhan, di hari dimana tidak ada bayangan kecuali bayangan Tuhan, salah satu diantara mereka adalah yang kalbunya menjadi milik masjid, sehingga tidak akan keluar dari masjid kecuali ada niat untuk kembali lagi ke sana.

2. Tidak keluar dari masjid setelah terdengar azan. Dalam sebuah riwayat dikatakan, keluar dari masjid setelah terdengar azan adalah makruh, kecuali telah melakukan shalat atau memiliki maksud untuk kembali ke dalamnya. Pada riwayat lainnya, Rasulullah bersabda, “Orang yang mendengar panggilan di masjid dan keluar darinya tanpa alasan, maka ia adalah munafik, kecuali mempunyai niat untuk kembali lagi ke dalamnya.”

3. Menunda keluar dari masjid. Rasulullah bersabda, “Tempat-temat terbaik di permukaan bumi adalah masjid, dan manusia yang terkasih di sisi Tuhan adalah mereka yang paling awal mendatangi masjid dan paling akhir meninggalkan masjid.”

4. Mengucapkan shalawat saat keluar dari masjid. Menurut riwayat Imam Shadiq as, saat keluar dari masjid, mustahab untuk membaca shalawat.

5. Membaca doa keluar dari masjid. Imam Shadiq As bersabda, Setelah seseorang menyelesaikan shalat wajib di dalam masjid, dan hendak keluar darinya, maka hendaklah ia berdiri di samping pintu masjid dan mengucapkan

اللهم دعوتنى‏فاجبت دعوتک و صلیت مکتوبتک و انتشرت فى ارضک کما امرتنى فاسئلک من فضلک العمل‏بطاعتک و اجتناب سخطک و الکفاف من الرزق برحمتک


Rasulullah saat keluar dari masjid, mengucapkan

اللهم افتح لى ابواب رزقک

6. Mustahab keluar dari masjid dengan kaki kiri, seseorang yang ingin keluar dari masjid, hendaklah mendahulukan kaki kanan dan mengakhirkan kaki kiri.

Sumber: Masjid dalam Hadis

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: