Pesan Rahbar

Home » » 700 Milyar Rial Zakat Iran Tahun Ini

700 Milyar Rial Zakat Iran Tahun Ini

Written By Unknown on Saturday 26 July 2014 | 00:53:00

Budaya zakat merupakan sebuah budaya Islam untuk menghidupkan roda sosial masyarakat muslim. Pemberdayaan dan pembudayaan zakat dalam membantu pemerintah meringankan beban biaya yang harus dipikul demi kesejahteraan masyarakatnya.


"Zakat di negara kita masih belum membudaya sebagaimana mestinya. Sayangnya, sebagian pejabat yang bersangkutan masih belum melakukan kerja sama yang proporsional," ujar Husain Nabilu Sekjen Dewan Pusat Pemberdayaan Zakat Negara.

Menurut penuturan Nabilu, untuk sekarang ini, ada sekitar 33 ribu desa yang dikenai kewajiban zakat. Seluruh zakat yang diserahkan oleh mereka akan dipindahkan ke Badan Zakat Negara.

Pada saat masa panen tiba, begitu ujar Nabilu, Badan Zakat Negara akan mengutus para mubaligh ke daerah-daerah terkait guna menyampaikan cara pembayaran zakat kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Pada saat masa panen tiba, amil zakat negara akan hadir di setiap daerah guna mengarahkan masyarakat dalam membayar zakat mereka," ungkap Nabilu.

Nabilu lebih lanjut menuturkan bahwa untuk tahun lalu, seluruh zakat yang berhasil dikumpulkan berjumlah sebesar 700 milyar rial.

"Dari seluruh jumlah ini, 490 milyar rial dimanfaatkan untuk proyek pembangunan di pedesaan dan 210 milyar rial dibagikan kepada fakir miskin di seluruh daerah," tandasnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: