Pesan Rahbar

Home » » Mufti, Kristen, dan Rabi

Mufti, Kristen, dan Rabi

Written By Unknown on Friday 2 January 2015 | 07:24:00


Di Barat, “Seorang mufti, seorang Kristen dan seorang rabi…” kerap merupakan pembuka lelucon antar-agama yang bagus. Tapi saya hidup dalam realitas ini. Saya seorang rabi dan kolega saya dari Syria, Hind Kabawat, adalah Kristen Arab. Kami sudah bekerja selama empat tahun dengan Mufti Agung Syria, Sheikh Ahmed Hassoun, di Damaskus dan Aleppo.

Selama empat tahun terakhir, kami bertiga, bersama banyak orang lain yang berani, telah membuat acara publik di Syria yang dianggap mustahil oleh semua orang. Tak ada yang percaya bahwa pendeta Protestan, Katholik, ulama Sunni, Syiah, dan pendeta Yahudi bisa duduk bersama di meja, di hadapan kamera, mengusahakan pondasi masyarakat sipil yang toleran dan membuat komitmen untuk perdamaian – di jantung Syria.

Kami melakukan ini tidak saja dalam bayangan upaya neo-konservatif Amerika untuk menyerang Syria tapi juga dikelilingi oleh militan di wilayah tersebut. Baik militan maupun ekstrimis di Amerika tidak ada yang percaya bahwa orang-orang di wilayah ini bisa datang bersama-sama dalam penghargaan dan persamaan.

Tapi kami membuktikan bahwa bahkan dalam lingkungan politik yang sulit kita bisa menggembleng orang-orang religius dan sekuler bersama-sama untuk memimpikan masa depan masyarakat sipil yang damai di Timur Tengah. Konferensi terakhir kami ditonton oleh lebih dari sejuta rumah tangga di Dunya TV dan AlJazeera, dan kami melakukannya tanpa bantuan dari yayasan atau donor utama.

Rahasia sukses kami adalah merangkul elemen-elemen positif dari semua budaya dan kelompok, serta membangun persahabatan. Ini adalah pekerjaan sulit, tapi kami diperkuat dan dibuat kagum oleh mereka yang datang dengan rasa syukur setelah setiap acara dan berterima kasih pada kami untuk apa yang telah kami simulasikan.

Kami mencintai Mufti karena dia menginspirasikan kami dengan harapan, mengingatkan kami dengan kata-kata dan perbuatannya bahwa perdamaian itu mungkin. Sheikh Hassoun dicintai oleh ribuan orang di Syria karena dia bekerja tanpa lelah untuk menyantuni masyarakat miskin. Dia juga mendorong permintaan maaf dan memberi maaf antara peradaban dan di antara Muslim.

Mufti memenangkan mereka yang berada di posisi rentan di Timur Tengah, dari wanita hingga Ismailis, yang membuat marah kaum ekstrimis. Beliau mengatakan kepada kami pada perjalanan terakhir bahwa dia semakin merangkul negara sekuler sebagai kendaraan yang tepat tempat agama yang baik seharusnya berjalan, pendirian yang juga diungkapkannya secara eksplisit di hadapan Parlemen Eropa bulan lalu.

Kami bertiga merasa bahwa agama punya kontribusi yang banyak terhadap moral sebuah bangsa, tapi hanya jika agama membatasi dirinya pada mengajar dan membantu orang lain, bukan mengontrol.

Apakah itu berarti bahwa kita semua percaya pada pengeboman militan religius daripada bicara kepada mereka dan bahkan mencintai mereka? Tentu tidak. Kami bukan pasifis tapi kita sudah melihat kekuatan kepedulian dari ketidakpedulian dan cinta dari benci, bahkan dengan ideologi politik dan religius garis keras.

Tugas kita sebagai manusia berkesadaran spiritual adalah untuk berbicara, terutama ketika peradaban dan negara modern mengecewakan kaum miskin, mengecewakan bumi, dan menggunakan agama untuk mengejar dan menghancurkan musuh. Kita melihat lingkaran setan balas dendam di wilayah ini atas nama Tuhan, dan menanyakan di mana hasil positifnya.

Mengapa tidak bekerja sama untuk menerapkan perjanjian Abraham berdasarkan penghargaan, penyesalan akan masa lalu, dan masa depan bersama di mana semua orang – Yahudi Israel dan Palestina, Kristen dan Muslim, Wahhabi dan Sufi – benar-benar sejajar?

Ini adalah pilihan yang telah dibuat oleh kita di keluarga Abraham, tepat di jantung perang dan konflik. Agama harus dilepaskan dari senjata, sehingga pesannya yang memuliakan hidup akhirnya bisa menang. Ketika nadi seorang mufti, seorang Kristen dan seorang rabi berdetak sebagai satu kesatuan, kami tahu di mana esensi keyakinan dan harapan terbentang, tapi kami berharap kami bisa menyampaikan pengalaman ini kepada jutaan orang lain.

Kami tidak dapat melakukannya tanpa dukungan para pemimpin politik. Presiden Bashar Assad dari Syria memberi kami kesempatan untuk memulai proses ini; mengapa presiden baru AS, pemimpin demokrasi mulia dari pluralisme agama, tak semaju mereka?

Para pemimpin politik global harus membantu upaya orang-orang di wilayah ini untuk membentuk visi baru akan budaya dan spiritual di masa depan. Inilah harapan kami, dan ketika saya memandang mata saudara saya, sang mufti, saya tahu ini semua akan tergapai suatu hari nanti. [Marc Gopin]


Marc Gopin adalah Profesor Agama Dunia James Laue, Resolusi Konflik dan Diplomasi di Universitas George Mason, Washington D.C. Dia bisa dihubungi di mgopin@gmu.edu. Artikel ini ditulis untuk Kantor Berita Common Ground (CGNews) dan bisa diakses di http://www.commongroundnews.org.

Source: Kantor Berita Common Ground, 11 Maret 2008, http://www.commongroundnews.org
Telah memperoleh hak cipta.


Bolehkah mengangkat seorang pemimpin dari Yahudi dan Nasrani?


Berkaitan dengan kampanye hitam pilpres yang menyatakan bahwa capres Jokowi non islam, beberapa kompasianer menuliskan surat Al Maidah ayat 51 yang berbunyi :

'‘Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim" ( Qs: almaidah: 51)

ayat tersebut dijadikan sebagai pedoman bahwa orang Yahudi dan Nasrani tidak dapat dijadikan pemimpin publik.

Apakah "‘janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain’ berarti ‘’Ambillah orang muslim menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain’?

Apakah seorang beragama islam yang melakukan ketidakadilan, kezaliman, atau korupsi layak menjadi pemimpin baik sebagai menteri atau ketua parpol bernuansa agama islam? Tentu juga bukan demikian tafsirannya.

Jika ada ayat yang berbunyi ‘bacalah’, bukan berarti cukup hanya membaca tetapi juga harus dapat menafsirkan apa yang dimaksud dalam bacaannya dan mengamalkan.

‘Janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain’ penekanan tafsirannya bukan kepada orang Yahudi, Nasrani, atau Muslim tetapi kepada ‘sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain’ atau yang berbuat tidak adil atau zalim.


Penekanan tafsirannya adalah ambilah pemimpin yang adil, jangan mengambil pemimpin yang bertindak tidak adil atau zalim.

Bahkan ulama islam Imam Ibnu Taimiyyah berkata dalam kitab Al-Hisbah;

الله ينصر الدولة العادلة وإن كانت كافرة ، ولا ينصر الدولة الظالمة وإن كانت مؤمنة

Maksudnya;
"Allah SWT membantu negara yang adil, walau negara itu kafir. Dan tidak membantu negara yang zalim, walau negara itu negara orang mukmin" [Al-hisbah : 4]

Semoga pasangan capres cawapres terpilih yang dapat membentuk kabinet yang dapat memimpin dan menjalankan pemerintahan secara adil dan tidak zalim serta membawa kebaikan bersama. 
 
(CG-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: