Pesan Rahbar

Home » » Masjid Emas di Brunei Darussalam

Masjid Emas di Brunei Darussalam

Written By Unknown on Tuesday 10 February 2015 | 07:32:00


Masjid Umar Ali Saifuddin dihiasi dengan kubah emas yang sangat menawan. Masjid ini terletak di Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam dan termasuk salah satu situs turis di negara kaya ini.

Masjid turis Brunei diberi nama sultan Brunei yang ke-28, Sultan Umar Ali Saifuddin, dan usai dibangun pada tahun 1958. Masjid ini memiliki arsitektur modern Islam dan termasuk salah satu masjid terbesar di Timur Jauh.

Arsitektur masjid adalah kombinasi antara arsitektur Islam dan Italia. Arsitek utama masjid ini memang berasal dari Italia. Keindahan masjid bertambah menawan ketika kita memandang sekeliling masjid yang dipenuhi dengan air.

Masjid Sultan Umar Ali Saifuddin dihiasai dengan kubah emas dan menara marmer dengan dikelilingi oleh kebun-kebun yang sangat indah. Jika kita lihat sepintas, mungkin inilah gambaran miniatur surga. Kubah masjid juga terbuat dari emas murni.

Masjid juga disambungkan ke daerah Kampung Air dengan sebuah jembatan yang juga tak kalah menawan.

Dengan ketinggian 52 meter, masjid Sultan Umar Ali Saifuddin bisa dilihat dengan nyaman dari setiap titik Bandar Sri Begawan.

Menara masjid merupakan kombinasi dari arsitektur Renaisance dan Italia. Menara utama adalah bagian tertinggi masjid. Menara utama ini dilengkapi dengan lift. Setelah tiba di ujung menara, kita bisa memandang sekeliling daerah masjid dengan penuh leluasa.

Bagian internal masjid dikhususkan untuk jamaah salat. Bagian ini dihiasi dengan ukiran kaca mozaik yang sangat menawan.

Seluruh fasilitas masjid didatangkan dari negara lain: marmer dari Italia, granit dari Shanghai, lampu kristal dari Inggris, dan permadani dari Republik Islam Iran.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: