Pesan Rahbar

Home » » Iran Mengirimkan Bantuan ke Yaman Via Oman

Iran Mengirimkan Bantuan ke Yaman Via Oman

Written By Unknown on Monday 4 May 2015 | 03:37:00


Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (IRCS) telah mengirimkan bantuan kepada masyarakat di Yaman melalui Oman ketika Arab Saudi terus memblokir pengiriman bantuan kemanusiaan Iran ke negara-yang didera perang itu.

Sekretaris Jenderal IRCS Ali Asghar Ahmadi mengatakan pada hari Minggu (3/5/15) bahwa rute udara lain telah dipilih untuk pengiriman bantuan kemanusiaan karena blokade Arab Saudi.

"Pembicaraan telah diselenggarakan dengan Oman sehingga kargo bantuan yang dikirim oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran akan berakhir di tangan warga Yaman melalui negara ini," kata Ahmadi.

Pejabat itu mencatat bahwa bantuan IRCS akan dikirim ke Yaman melalui badan amal di Oman.

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan telah dikirim ke Oman bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Iran, mengungkapkan harapan bahwa bantuan tersebut akan"segera" dibagikan kepada warga Yaman

Komentar Ahmadi muncul setelah Arab Saudi pada tanggal 28 April memaksa kembali sebuah pesawat kargo Iran yang membawa bantuan medis dan pangan untuk orang yang terkena krisis di Yaman.

Pesawat Iran, yang sebelumnya telah menerima izin dari pejabat penerbangan Oman dan Yaman untuk menyeberang ke wilayah udara Yaman, tidak bisa mendarat di bandara internasional di ibukota Yaman, Sana'a, sewaktu pesawat tempur Saudi membom landasan pacu bandara sipil.

Perkembangan itu terjadi kurang dari seminggu setelah jet tempur Saudi menyerang pesawat Iran, yang membawa bantuan kemanusiaan ke Yaman, dan mencegahnya memasuki wilayah udara Yaman pada 22 April.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan IRCS telah memperoleh izin yang diperlukan untuk terbang di rute Oman-Yaman dan mengirim pesawat dalam koordinasi dengan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) untuk menerbangkan pasien Yaman kembali ke Iran dan memberikan bantuan medis bagi mereka yang cedera di negara- didera perang itu.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Arab dan Afrika Hossein Amir-Abdollahian pada 26 April mengatakan Republik Islam menganggap semua pilihan untuk membantu rakyat Yaman dan pengiriman segera bantuan kemanusiaan dan transfer mereka yang terluka.

(Islam-Times/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: