Pesan Rahbar

Home » » Iran Minta PBB Hentikan Perang Saudi di Yaman

Iran Minta PBB Hentikan Perang Saudi di Yaman

Written By Unknown on Monday 11 May 2015 | 05:01:00


Pejabat Iran mengecam serangan udara Arab Saudi terhadap warga sipil dan infrastruktur Yaman di provinsi Sa'ada dan provinsi utara Amran dalam dua hari terakhir.

Seorang pejabat senior Iran telah meminta utusan khusus PBB untuk Yaman untuk mengambil tindakan dan menghentikan perang Arab di Yaman dan mencegah bencana kemanusiaan di negara miskin tersebut.

"Republik Islam Iran mengharapkan Ismail Ould Cheikh Ahmed, utusan Sekjen PBB untuk Yaman, untuk segera melakukan perjalanan ke negara ini dan mengambil tindakan untuk menghentikan serangan dan mencegah intensifikasi bencana kemanusiaan di negara itu," ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Arab dan Afrika Hossein Amir-Abdollahian dalam sebuah percakapan telepon pada hari Minggu (10/5/15) dengan Wakil Sekretaris Jenderal PBB dan Koordinator Bantuan Darurat Valerie Amos.

Pejabat Iran mengecam serangan udara Arab Saudi terhadap warga sipil dan infrastruktur Yaman di provinsi Sa'ada dan provinsi utara Amran dalam dua hari terakhir.

Dia mengatakan perusakan bandara Yaman oleh Saudi, yang telah disiapkan untuk landasan utama bantuan kemanusiaan oleh Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dan organisasi bantuan internasional lainnya, adalah pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional dan kemanusiaan.

Amir-Abdollahian menyatakan kesiapan Iran untuk mengirim produk bahan bakar dan minyak bumi untuk berbagai pelabuhan Yaman dengan berkoordinasi penuh dengan program bantuan PBB dan juga mengirimkan tim medis dan mendirikan rumah sakit lapangan di kota-kota Sana'a, Sa'ada dan Aden.

Iran siap untuk segera mengirimkan bantuan dan makanan kargo baik melalui rute pesawat ke Djibouti atau langsung ke Yaman,"ungkapnya.

Amir-Abdollahian juga menyatakan bahwa Teheran siap untuk segera menerbangkan mereka yang terluka dalam serangan udara Saudi ke Iran untuk mendapatkan perawatan medis.

Amos memuji dukungan Iran untuk melakukan operasi bantuan di Yaman, mengatakan PBB telah mempersiapkan rencana komprehensif untuk membantu warga sipil di negara yang dilanda perang itu.

Dia menambahkan bahwa bantuan kemanusiaan Iran akan dikirim ke Yaman sejalan dengan upaya bantuan PBB.

(Islam-Times/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: