Pesan Rahbar

Home » » 3 Ledakan Bom Tewaskan 13 Jama'ah Idul Fitri di Timur Laut Nigeria

3 Ledakan Bom Tewaskan 13 Jama'ah Idul Fitri di Timur Laut Nigeria

Written By Unknown on Saturday 18 July 2015 | 06:55:00

Puing-puing mobil setelah serangan bom mematikan di kota Nigeria Jos, Plateau State, pada 6 Juli 2015(AFP foto)

 Tiga serangan bom menargetkan jamaah Idul Fitri di timur laut Nigeria menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai beberapa lainnya, sumber-sumber medis dan kemanan mengatakan.

Seorang relawan keamanan mengatakan sedikitnya dua orang tewas setelah bom kembar meledak di timur laut kota Damaturu di Nigeria, saat para jamaah berkumpul untuk menghadiri shalat Idul Fitri, yang menandai akhir bulan puasa Ramadan.

Bom ketiga meledak di dekat sebuah masjid di kota yang sama, menewaskan 11 lainnya.
“Saat ini kami menerima 13 mayat yang dibawa ke rumah sakit,” kata seorang petugas medis senior.
Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terbaru itu, tetapi mereka menduga praktek ini ciri khas militan Takfiri Boko Haram.

Perkembangan ini terjadi sehari setelah ledakan bom kembar menghantam pasar di timur laut kota Gombe Nigeria, menewaskan sekitar 50 orang. Pada hari Kamis ledakan pertama terjadi di luar sebuah toko sepatu di Gombe sekitar pukul 05:20 waktu setempat (1620 GMT), diikuti ledakan kedua beberapa menit kemudian.

Awal pekan ini, para militan menewaskan sedikitnya 43 orang dalam serangkaian serangan mematikan di empat desa di timur laut negara bagian Borno Nigeria.

Pasukan keamanan berjalan melewati rumah-rumah yang dibakar oleh militan Boko Haram di Zabarmari, sebuah desa nelayan dan pertanian di dekat Maiduguri, timur laut Nigeria, pada 3 Juli 2015. (Foto:AFP)

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari telah bersumpah akan melawan militan Boko Haram yang saat ini mengganggu negara Afrika Barat.

Boko Haram telah meningkatkan serangannya sejak Presiden Buhari berkuasa pada 29 Mei, yang memprioritaskan tindakan keras terhadap militan.

Militas Boko Haram telah menewaskan sebanyak 15.000 orang dan sekitar 1,5 juta pengungsi lain di Nigeria sejak 2009.

Dalam beberapa bulan terakhir, para militan telah menyebar ke dalam beberapa negara tetangga Afrika.

Serangan bom kembar baru-baru ini menewaskan sedikitnya 14 warga sipil dan tiga tentara Chad di utara kota Fotokol Kamerun.

Tentara Nigeria, Chad, Kamerun dan Niger telah melawan teroris Boko Haram dalam beberapa bulan terakhir.

Kelompok teroris telah berjanji setia kepada Takfiri ISIS yang beroperasi di Irak dan Suriah.
(Mahdi News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: