Pesan Rahbar

Home » » Bintang Kejora dari Keturunan Imam Hasan Mujtaba

Bintang Kejora dari Keturunan Imam Hasan Mujtaba

Written By Unknown on Tuesday 4 August 2015 | 05:59:00


Dalam rangka mengenang hari wafat Sayyid Abdul-Azhim Hasani, alangkah baiknya kita menelaah biografi seorang muhadis besar Syiah ini pada kesempatan yang singkat ini.

Sayyid Abdul-Azhim Hasani adalah salah seorang perawi hadis-hadis Imam Ali bin Musa Ridha as. Dari kalangan keturunan Imam Hasan Mujtaba bin Ali bin Abi Thalib as, ia tampil cemerlang bak bintang kejora. Di samping sebagai seorang alim, ia juga termasuk seorang mujahid bertakwa yang menentang para penguasa lalim pada masanya.

Silsilah keturunan Sayyid Abdul-Azhim Hasani adalah Abdul-Azhim bin Abdullah bin Ali bin Hasan bin Zaid bin Hasan bin Ali bin Abi Thalib as. Dengan demikian, ia sampai ke kakeknya, Imam Hasan Mujtaba as, melalui empat perantara.

Makam suci Sayyid Abdul-Azhim Hasani di kota Rey sangat masyhur dan dikenal masyarakat luas. Setiap hari, ribuan peziarah datang berziarah ke makam suci ini. Sekitar ribuan alim, faqih, muhadis, sastrawan, dan tokoh politik dikuburkan di sekitar area makam suci ini.

Sayyid Abdul-Azhim Hasani pernah hidup semasa dengan tiga imam maksum Ahlul Bait as: Imam Ridha as, Imam Jawad as, dan Imam Hadi as. Pada masa Imam Hadi as, ia menjadi beliau dan memegang tampuk kepemimpinan kaum Syiah di kota Rey.

Sayyid Abdul-Azhim Hasani wafat pada masa Imam Hadi as.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: