Pesan Rahbar

Home » » Mengapa Kemunculan Imam Mahdi Tertunda? Berikut Penjelasannya

Mengapa Kemunculan Imam Mahdi Tertunda? Berikut Penjelasannya

Written By Unknown on Tuesday 4 August 2015 | 06:07:00


Salah satu pertanyaan yang sering menghantui benak kita adalah mengapa kemunculan Imam Mahdi as selalu tertunda?

Salah satu faktor tentang masalah ini pernah dijelaskan oleh Imam Zaman as sendiri melalui sebuah surat yang beliau kirimkan kepada Syaikh Thusi ra. Surat ini termaktub dalam kitab Al-Ihtijāj karya Syaikh Thabarsi.

Dalam surat tersebut, Imam Zaman as menulis, “Jika Syiah—semoga Allah memberikan taufik kepada mereka untuk menjadi hamba-Nya—memiliki kesatuan hati untuk menepati janji yang ada di pundak mereka, niscaya perjumpaan kami tidak akan pernah tertunda.”

Maksud dari janji di sini adalah janji yang telah mereka ikat terhadap Allah, Rasulullah saw, Islam, dan keyakinan mereka sendiri.

Dari surat ini bisa dipahami bahwa salah satu faktor mengapa kemunculan Imam Mahdi as tertunda adalah Syiah tidak memiliki kesatuan kalbu. Yakni mereka tidak memiliki sebuah komitmen komunal bersama untuk melaksanakan janji mereka.

Pada kelanjutan surat, Imam Mahdi as menegaskan, “Tak ada satu pun yang mencegah kedatangan dan hubungan kami dengan Syiah kecuali kami memperoleh berita tentang tindakan mereka yang tidak kami senangi.”

Semua ini kembali kepada diri kita sendiri. Seberapa besar komitmen untuk menegakkan kebenaran dan meninggalkan dosa dalam diri kita. Semua ini sangat bermanfaat bagi kita dan membuktikan bahwa kita sedang menanti kedatangan Imam Mahdi as. Seberapa besar komitmen kita untuk menegakkan keadilan. Itu semua harus kita sandang sebagai penanti sebuah pemerintahan adil universal.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: