Pesan Rahbar

Home » » Imam Ridha, Penulis Ensiklopedia Medis Pertama

Imam Ridha, Penulis Ensiklopedia Medis Pertama

Written By Unknown on Thursday 27 August 2015 | 12:37:00


Seluruh imam Ahlul Bait as, lantaran tuntutan kondisi, memasuki pembahasan medis yang berkembang di tengah masyarakat.

Imam Ali bin Musa Ridha as termasuk salah satu imam Ahlul Bait as yang memberikan perhatian khusus tentang masalah ini.

Dalam literatur Islam, kita pernah mendengar kitab yang berjudul Thibb Al-A’immah yang ditulis oleh Allamah Sayyid Abdullah Syubbar dalam 475 halaman. Sebelum itu, kitab Thibb Al-Imām telah ditulis oleh dua saudara bernama Ibn Busthām Nīsyābūrī. Ada juga kitab yang berjudul Thibb Al-Imām ditulis oleh Muhisn Al-‘Aqīl dan kitab Thibb Al-Shādiq dan Thibb Al-Nabī.

Semua kitab ini ditulis dengan mengacu pada hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Syiah dan Ahli. Ini membuktikan bahwa Ahlul Bait as juga memberikan perhatian khusus terhadap masalah medis.

Dalam Ensiklopedia Kalimat, terdapat 85 hadis Imam Ridha tentang medis. Hadis-hadis ini adalah selain hadis yang termaktub dalam Risālah Dzahabiyyah yang mengupas tentang cara pengobatan dan menjauhkan diri dari penyakit.

Risalah ini adalah risalah pertama tentang medis yang ditulis atas permintaan Ma’mūn, penguasa kala itu.

Isu-isu medis memang pernah berkembang sebelum masa kekuasaan Ma’mūn Abbasi. Tetapi, lantaran kondisi ilmiah yang ada pada saat kekuasaan Ma’mun berbeda, isu-isu ini berkembang sangat pesat. Ma’mun pun meminta kepada Imam Ridha untuk menulis risalah tentang masalah medis, dan Ma’mūn memberikan judul Risālah Dzahabiyyah. Ia juga memerintahkan supaya risalah ini diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: