Pesan Rahbar

Home » » Iran Berikan Informasi Soal Kegiatan Nuklir ke PBB

Iran Berikan Informasi Soal Kegiatan Nuklir ke PBB

Written By Unknown on Sunday 16 August 2015 | 05:22:00

Ilustrasi

Iran telah memberikan informasi kepada pengawas nuklir PBB terkait aktifitas nuklir di masa lalu. Hal ini merupakan upaya Iran memenuhi syarat untuk mendapatkan keringanan sanksi sesuai dengan perjanjian nuklir Internasional yang telah disepakati pada bulan lalu.

"Hari ini, Iran telah memberikan kepada IAEA penjelasan tertulis dan dokumen terkait yang telah disepakati sesuai dengan arahan untuk mengklarifikasi terkait isu nuklir Iran baik di masa lalu maupun di masa yang akan datang," begitu bunyi pernyataan IAEA yang mengkonfirmasi jika Iran telah memenuhi tenggat waktu yang telah ditentukan sebelumnya, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (15/8/2015).

Selama berbulan-bulan Iran kerap menolak investigasi IAEA terhadap instalasi militer milik mereka yang diduga digunakan untuk kepentingan nuklir di masa lalu terutama dalam periode sebelum tahun 2003, berdasarkan data yang dimiliki oleh IAEA. IAEA kemudian meminta data dan informasi terkait instalasi militer tersebut.

Berdasarkan rencana yang telah disepakati, IAEA akan meminta klarifikasi lebih lanjut kepada Iran pada 15 Oktober sehingga mereka bisa membuat laporan PMD akhir pada akhir tahun.

Sanksi akan dicabut setelah IAES menyatakan Iran telah memenuhi kewajibannya tidak hanya permintaan mengenai aktifitas nuklir di masa lampau tapi juga tidak ada program pembuatan bom atom yang sedang dijalankan.

(Sindo-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: