Pesan Rahbar

Home » » Surat dari 29 Ilmuan Amerika yang Mendukung Hasil Perundingan Nuklir Iran

Surat dari 29 Ilmuan Amerika yang Mendukung Hasil Perundingan Nuklir Iran

Written By Unknown on Thursday 13 August 2015 | 07:23:00


Berbagai ilmuan Amerika dalam surat yang mereka tulis kepada presiden Obama menyatakan dukungan mereka terhadap hasil perundingan nuklir Iran.
 
Sebagaimana yang dilansir oleh Press TV, 29 ilmuan Amerika termasuk para ilmuan nuklir dan para pemenang nobel, begitu juga ilmuan-ilmuan berjasa dalam memproduksi persenjataan nuklir, pada hari Sabtu 8 Agustus kemarin menulis surat kepada Obama yang menunjukkan dukungan mereka terhadap hasil kesepakatan nuklir Iran dengan P5+1.

Menurut para pengamat, surat dua halaman tersebut mungkin dapat membantu Obama untuk lebih serius untuk megajak anggota konggres yang ragu-ragu dan bahkan pesimis dengan hasil perundingan nuklir Iran agar berubah pikiran.

Sebagaimana yang dinyatakan oleh ilmuan-ilmuan tersebut dalam surat mereka, hasil perundingan nuklir dengan Iran merupakan langkah positif yang bisa memberikan pengaruh untuk perundingan-perundingan lainnya terkait perdamaian di Timur Tengah.

Tanda tangan yang terkumpul dalam surat dua halaman itu adalah milik para konsultan dan juga ilmuan-ilmuan Amerika yang memiliki peran penting dalam pemerintahan.

Lima pemenang nobel seperti Leon Cooper profesor Universitas Brown, Sheldon Glashow profesor Universitas Boston, David Gras dari Universitas Kalifornia, Burton Richter dari Universitas Stanford dan Frank Wilczek dari Universitas MIT termasuk orang-orang yang menanda tangani surat tersebut.

Amerika dan negara-negara P5+1 mencapai kesepakatan perundingan nuklir pada tanggal 14 Juli 2015 setelah 23 bulan perundingan.

Hasil perundingan tersebut mengundang pertentangan dari Partai Republik Amerika Serikat yang kebanyakan mendapat pengaruh Israel.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: