Pesan Rahbar

Home » » Haji Sebuah Perjalanan Spiritual Umat Manusia

Haji Sebuah Perjalanan Spiritual Umat Manusia

Written By Unknown on Wednesday 30 September 2015 | 10:12:00


Doktor Ali Akbar Fahimifar dalam pernyataannya di seminar yang berlangsung kemarin mengatakan, “Haji adalah sebuah perjalanan spiritual.”

Seiring dengan berlangsungnya ibadah haji di Makkah diadakan sebuah seminar bertajuk Haji yang dihadiri oleh berbagai tokoh ternama dari berbagai daerah.

Doktor Ali Akbar Fahimifar yang menghadiri seminar tersebut dalam pidato yang ia sampaikan tentang agama Islam dan Amal Ibadah Haji mengatakan, “Agama diturunkan oleh Tuhan dan ibadah haji adalah sebuah perjalanan yang Ia gariskan untuk manusia dalam mencapai keridhaan Tuhannya.”

Dosen universitas itu menyatakan, “Perjalanan spiritual memiliki wujud luar yaitu amal perbuatan dan ritual-ritual keagamaan, seperti shalat, haji dan lain sebagainya. Seseorang bisa saja tampil mengerjakan ritual-ritaul tersebut namun belum tentu secara spiritual mengcapai tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam perjalanan itu.”

Menurutnya, semua orang yang melaksanakan ibadah haji adalah orang-orang yang kuat dan gigih. Ia menjelaskan, “Meskipun di saat ini segalanya sudah maju, tapi menjalankan ibadah haji tetap tidaklah mudah. Pasti banyak kesusahannya. Oleh karena itu para pelaksana ibadah suci haji adalah hamba-hamba Allah yang kuat.”

Ia menambahkan, “Apa lagi para pelaksana ibadah haji memahami makna ibadah tersebut sebaik-baiknya, yakni berhaji dengan penuh kesadaran akan apa yang sedang ia kerjakan; pasti derajatnya ditinggikan setinggi-tingginya.”

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: