Pesan Rahbar

Home » » Rakyat Iran Turun ke Jalan Kecam Kerajaan Saudi

Rakyat Iran Turun ke Jalan Kecam Kerajaan Saudi

Written By Unknown on Saturday 26 September 2015 | 04:21:00

Demo anti kerajaan Saudi

Warga Iran turun ke jalan usai menunaikan Shalat Jumat dengan meneriakkan slogan-slogan penentangan terhadap kinerja pemerintah Saudi.

Ribuan rakyat Iran menggelar demo besar dengan turun ke jalan-jalan di seluruh negeri pada Jumat, 25/09/15, mengecam keras pemerintah Saudi atas meninggalnya ribuan jamaah haji, termasuk 133 warga Iran yang terinjak-injak di Mina pada Kamis kemarin.

Warga Iran turun ke jalan usai menunaikan Shalat Jumat dengan meneriakkan slogan-slogan penentangan terhadap kinerja pemerintah Saudi.

Mereka menuduh, kerajaan Saudi salah dalam manageman yang menurutnya alasan utama di balik tragedi Mina.

Selain itu, ribuan pengunjuk rasa di Tehran mengecam agresi Saudi yang sedang berlangsung di Yaman, dan menyerukan segera mengakhiri kejahatan rezim terhadap rakyat miskin Yaman.

Menurut laporan media, setidaknya 1.300 jamaah haji meninggal dunia pada Kamis kemarin saat melakukan lempar jumrah di Mina.

Terkait tragedi ini, Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Ayatollah Sayyid Ali Khamenei menyatakan 3 hari berkabung nasional atas meninggalnya jamaah Haji.

Kecelakaan itu terjadi selang dua minggu setelah puluhan jamaah haji tewas dalam insiden tragis di Mekah.

Pada tanggal 11 September lalu, crane konstruksi besar jatuh dari atap Masjidil Haram dan menewaskan sedikitnya 107 orang dan melukai 201 lainnya.

Keamanan ritual haji tahunan dipandang sebagai masalah politik yang sensitif bagi dinasti al-Saud yang menampilkan dirinya secara internasional dengan mengklaim sebagai Khadimul Haramaian (Mekah dan Madinah).

(Islam-Times/ONH/ASS/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: