Pesan Rahbar

Home » » Kuliah Ijtihad dengan Tema Ekonomi di Hauzah Ilmaih Qom

Kuliah Ijtihad dengan Tema Ekonomi di Hauzah Ilmaih Qom

Written By Unknown on Saturday 31 October 2015 | 21:24:00


Masyarakat menuntut supaya hauzah ilmiah memberikan solusi tepat dan instan tentang problematika yang sedang dihadapi masyarakat. Salah satu tema yang menjadi tuntutan mereka adalah tema ekonomi.

Sekalipun tuntutan yang mendesak seperti ini, hingga sekarang baru dua marjaʻ dan ulama Syiah yang memberikan kuliah ijtihad dengan tema ekonomi Islam. Mereka tidak lain adalah Ayatullah Uzhma Makarim Syirazi dan Ayatullah Muhsin Araki.

Hingga kini, memang kecenderungan untuk mengutarakan isu ekonomi Islam dalam kuliah-kuliah ijtihad berjalan dengan sangat lamban. Akan tetapi, permulaan langkah untuk memulai mengupas tema ini sudah menjadi sebuah berita gembira yang layak disyukuri.

Tema yang diangkat oleh Ayatullah Makarim Syirazi adalah “sistem mudharabah dan perbankan Islam”. Kuliah ijtihad ini digelar setiap hari dari hari Sabtu hingga Rabu pada pukul 10.00 di Masjid Aʻzham, Qom, Republik Islam Iran.

Sementara itu, Ayatullah Muhsin Araki mengangkat tema “fiqih sistem ekonomi Islam”. Kuliah ijtihad ini digelar setiap hari dari hari Sabtu hingga Senin pukul 10.00 – 11.00 pagi di Yayasan Imam Khomaini ra, Qom, Republik Islam Iran.

Kita berharap ini adalah sebuah langkah bagus yang bisa dilanjutkan oleh para ulama dan marjaʻ yang lain.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: