Pesan Rahbar

Home » » Lemahkan Iran, Arab Saudi Gandeng Amerika Latin

Lemahkan Iran, Arab Saudi Gandeng Amerika Latin

Written By Unknown on Wednesday 11 November 2015 | 16:29:00


Pemerintah Arab Saudi dilaporkan sedang berupaya meningkatkan hubungannya dengan negara-negara Amerika Latin. Dengan menggandeng negara Amerika Latin, Arab Saudi diyakini bisa melemahkan Iran.

Pernyataan dan laporan itu disampaikan oelh Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel al Jubeir menjelang bergulirnya KTT Dunia Amerika Latin-Arab di Kota Riyadh.

”Iran memang selalu berupaya untuk membangun hubungan dengan negara-negara ini karena sikap internasional yang lemah dan karena mereka tidak memiliki banyak teman di seluruh dunia,” ucap Menlu Al Jubeir, sebagaimana diberitakan Al Arabiya, Selasa (10/11/2015).

“Tanpa membangun hubungan dengan negara-negara Amerika Latin, Iran menjadi lemah. Iran berupaya untuk mendapatkan bantuan dari negara mana pun,” tambahnya.

Sementara itu, Menlu Bahrain Sheikh Khaled al Khalifa menyerukan Iran untuk berhenti selalu ikut campur tangan terhadap urusan negara-negara Arab.

“Jika Iran menginginkan hubungan baik dengan negara-negara Arab, dia harus berhenti mencampuri urusan negara-negara teluk,” ucap Menlu Khalifa.

Dia menambahkan, negara-negara Arab harus mempertahankan diri terhadap gangguan Iran. Khalifa mencontohkan, peran Arab Saudi untuk mempertahankan diri dari gangguan telah ditunjukkan dalam kepemimpinan Raja Salman bin Abdulaziz

(Oke-zone/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: