Pesan Rahbar

Home » » Mengapa Ziarah Arbaʻin? Berikut Penjelasannya

Mengapa Ziarah Arbaʻin? Berikut Penjelasannya

Written By Unknown on Thursday 26 November 2015 | 16:43:00


Oleh: Hujjatul Islam Mahdi Ismaili

Ziarah Arbaʻin sangat dianjurkan. Mengapa demikian?

Sehubungan dengan ziarah Arbaʻin, kita perlu memperhatikan dua poin berikut ini:

Pertama, kita harus mengenal posisi spiritual Imam Husain as dalam Islam. Mengenal posisi ini sangat bisa membuka jalan. Salah satu faktor mengapa para imam Ahlul Bait as mendorong kita untuk berziarah kepada Imam Husain as adalah kepribadian agung beliau. Dalam sebuah hadis Rasulullah saw ditegaskan, Imam Husain lebih dikenal di langit daripada di bumi.

Kedua, kita harus mengenal tujuan Imam Husain as dalam kebangkitan Karbala. Dalam doa ziarah Arbaʻin, tujuan ini telah ditegaskan dengan jelas. Tujuan utama kebangkitan Asyura ini adalah amar makruf, nahi mungkar, dan memperbaiki umat Rasulullah saw.

Tujuan kebangkitan inilah yang membuat para penguasa gemetar. Faktor yang mendorong kebangkitan Imam Husain, sekalipun beliau gugur syahid di padang Karbala, tidak akan pernah padam dalam hati umat manusia.

Faktor utama mengapa kita sangat dianjurkan untuk berziarah pada hari Arbaʻini adalah satu poin penting. Yaitu Imam Husain as bukanlah miliki perorangan. Beliau adalah milik semua umat manusia.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: