Pesan Rahbar

Home » » Arab Saudi danai proyek pembangunan di Sinai senilai US$ 1,5 miliar. kedua pihak juga menandatangani perjanjian terpisah untuk membantu mendanai kebutuhan bahan bakar Mesir untuk lima tahun ke depan

Arab Saudi danai proyek pembangunan di Sinai senilai US$ 1,5 miliar. kedua pihak juga menandatangani perjanjian terpisah untuk membantu mendanai kebutuhan bahan bakar Mesir untuk lima tahun ke depan

Written By Unknown on Monday 21 March 2016 | 17:04:00

Kerja sama Arab Saudi-Mesir. (Foto: Arab News)

Menteri Kerja Sama Internasional Mesir Sahar Nasr kemarin meneken kerja sama bantuan dana US$ 1,5 miliar dengan Saudi Development Fund untuk membangun proyek-proyek di Semenanjung Sinai.

Lewat pernyataan tertulis, Kementerian Kerja Sama Internasional Mesir bilang bantuan dana dari negara Kabah itu bakal dipakai buat membiayai proyek-proyek di bidang pertanian dan membangun 26 kompleks perumahan, termasuk rumah sakit dan sekolah.

Di kesempatan sama, kedua pihak juga menandatangani perjanjian terpisah untuk membantu mendanai kebutuhan bahan bakar Mesir untuk lima tahun ke depan. Kesepakatan ini muncul di tengah melorotnya pendapatan dari emas hitam itu akibat merosotnya harga minyak mentah global.

Dua perjanjian itu dicapai menjelang kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz ke Kairo pada 4 April.

Hubungan Kairo dan Riyadh menguat sejak Presiden Abdil Fattah as-Sisi berkuasa Juli 2013. Mesir juga ikut dalam pasukan koalisi Arab dipimpin Saudi dalam perang di Yaman.

Pada Desember tahun lalu, Arab Saudi menjanjikan investasi dan bantuan keuangan US$ 8 miliar buat Mesir untuk lima tahun mendatang.

Arab Saudi, Kuwait, dan Uni Emirat Arab, sekutu Mesir di kawasan Teluk Persia, masing-masing telah menawarkan US$ 4 miliar untuk investasi dan bantuan kepada Kairo Maret tahun lalu.

(Al-Balad/Arab-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: