Pesan Rahbar

Home » » Militan Tembak Jatuh Jet Suriah di Aleppo

Militan Tembak Jatuh Jet Suriah di Aleppo

Written By Unknown on Wednesday 6 April 2016 | 13:01:00


Sebuah pesawat perang Suriah telah ditembak jatuh oleh rudal permukaan-ke-udara yang ditembakkan oleh militan di provinsi utara Aleppo, sumber militer Suriah mengatakan.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media pemerintah pada hari Selasa (5/4/16) bahwa jet itu tertembak saat misi pengintaian dan pilotnya meloloskan diri.

Pesawat itu jatuh di atas dataran tinggi Talat al-Iss dekat desa Eis, selatan Aleppo, menurut laporan.

“kemungkinan yang menembak jatuh pesawat itu adalah Front al-Nusra dan menangkap pilotnya,” kata seorang sumber militan, menambahkan bahwa jet telah terkena serangan senapan mesin berat.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) juga mengatakan jatuhnya pesawat dilakukan oleh kelompok teroris Front al-Nusra, mengatakan para militan menangkap pilotnya dan membawanya ke salah satu markas mereka di daerah itu.

video media sosial dimaksudkan untuk menunjukkan pilot terjun payung turun dari pesawat dan asap muncul dari lokasi kecelakaan.

Orang berkumpul di sekitar puing-puing pesawat tempur Suriah yang ditembak jatuh di provinsi Aleppo, Suriah, pada tanggal 5 April 2016. (Foto: Reuters)


Tembakan Mematikan di Aleppo

Dalam perkembangan lain pada Selasa, teroris menembakkan puluhan mortir dan roket peluru ke lingkungan Sheikh Maqsood dari Aleppo City, menewaskan 14 orang dan melukai 50 lainnya.

Kantor berita resmi Suriah SANA mengutip sumber-sumber lokal mengatakan bahwa korban tewas diperkirakan akan meningkat karena beberapa orang masih di bawah puing-puing dari tiga bangunan yang runtuh dalam serangan itu.

Pada tanggal 4 April, militan juga menyerang lingkungan Sheikh Maqsood dengan roket, merusak rumah-rumah disana dan menewaskan 8 warga sipil dan 20 lainnya terluka.

Serangan ini terjadi ditengah gencatan senjata yang ditengahi oleh Amerika Serikat dan Rusia, yang mulai berlaku pada tanggal 27 Februari.

Sebuah pusat koordinasi Rusia bertugas mendamaikan pihak yang bertikai di Suriah mengatakan gencatan senjata telah dilanggar lebih dari 350 kali sejak berlaku, sebagian besar di provinsi Aleppo, Damaskus, Homs dan Latakia.

Suriah telah dicengkeram oleh militansi sejak 2011. SOHR mengatakan setidaknya 270.000 orang tewas di Suriah; Namun, beberapa laporan menyebutkan korban tewas di atas 470.000.

(Mahdi-News/Oke-Zone/Reuters/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: