Pesan Rahbar

Home » » AS akan Blokir Penjualan Pesawat Tempur Su-30 Rusia ke Iran

AS akan Blokir Penjualan Pesawat Tempur Su-30 Rusia ke Iran

Written By Unknown on Wednesday 6 April 2016 | 12:51:00

Departemen Luar Negeri AS, Selasa, mengatakan Amerika Serikat akan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB untuk memblokir setiap penjualan pesawat tempur Su-30 ke Iran.

Amerika Serikat akan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB untuk memblokir penjualan jet tempur Sukhoi Rusia Su-30 ke Iran, Departemen Luar Negeri mengatakan.

Sekretaris Departemen Dalam Negeri untuk Urusan Politik Thomas Shannon membuat pernyataan tersebut pada hari Selasa (5/4/16) dalam sidang kongres di Iran. “Kami akan memblokir persetujuan pesawat tempur.”

Shannon mengatakan sidang Senat Komite Hubungan Luar Negeri mengatakan bahwa penjualan tersebut harus disetujui oleh Dewan Keamanan PBB.

“Penjualan pesawat tempur Su-30 dilarang di bawah UNSCR 2231 tanpa persetujuan dari Dewan Keamanan PBB dan kami akan memblokir setiap persetujuan penjualan pesawat tempur di bawah pembatasan,” katanya.

Su-30 adalah jet tempur canggih multiguna untuk semua kondisi, bisa misi udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan.

Iran dan P5 + 1 telah menyelesaikan perjanjian Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) di Wina, Austria, pada 14 Juli 2015. Kesepakatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2016. Berdasarkan perjanjian tersebut, beberapa batasan diterapkan pada kegiatan nuklir Iran dengan imbalan, antara lain, penghapusan semua sanksi ekonomi terkait nuklir terhadap Republik Islam.

(Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: