Pesan Rahbar

Home » » OKI Dukung Indonesia Wujudkan Islam Rahmatan Lil’Alamin

OKI Dukung Indonesia Wujudkan Islam Rahmatan Lil’Alamin

Written By Unknown on Thursday 28 April 2016 | 21:11:00

Presiden Jokowi dan Sekjen OKI Bahas Pengembangan Islam Rahmatan Lil Alamin

Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mendukung langkah Indonesia yang berinisiatif membentuk contact group untuk menyuarakan Rahmatan lil Alamin. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Jeddah, Sabtu, 12 September 2015

Sekretaris Jenderal OKI TN Iyad Madani memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Indonesia atas peran aktif Indonsia selama ini dalam OKI. Indonesia mengadakan pertemuan dengan petinggi OKI di Jeddah, Sabtu 12 September 2015.

“Indonesia merupakan contoh dimana demokrasi dan Islam dapat berjalan bersama,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan pertemuan tersebut.

Retno mengatakan ide mengenai contact group untuk menyuarakan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin muncul pertama kali dari Presiden Jokowi saat Konferensi Asia Afrika pada April lalu. Saat itu, delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo menyampaikan kekhawatirannya mengenai konflik yang terjadi di mana-mana.

“Presiden mengusulkan berdirinya satu contact group dalam OKI yang menyuarakan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin.”

Dalam pertemuan itu, Sekjen OKI juga memuji Indonesia atas peran aktifnya di dalam organisasi tersebut. Indonesia merupakan contoh di mana demokrasi dan Islam dapat berjalan bersama.

Menurut Retno, Sekjen OKI sangat mendukung upaya yang digagas Indonesia ini. Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada OKI atas dukungannya.

Sekjen OKI juga sempat mengundang Presiden untuk hadir dalam tiga KTT yang akan dilakukan secara berturut. Pertama, KTT bertemakan sains dan teknologi pada November 2015, KTT mengenai masalah Palestina pada Januari 2016, dan KTT Reguler dari OKI pada April 2016.

(Republika/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: