Pesan Rahbar

Home » » Iran Siap Tukar Pengalaman dengan Kroasia

Iran Siap Tukar Pengalaman dengan Kroasia

Written By Unknown on Thursday 19 May 2016 | 23:18:00


Dalam pertemuan bersama yang digelar hari ini, Presiden Hasan Ruhani menegaskan bahwa hubungan bilateral antara Iran dan Kroasia sangat bersahabat.

“Kroasia, kawasan Balkan, dan tenggara Eropa sangat penting bagi Iran. Saya berharap, kunjungan resmi ini bisa menjadi start untuk membangun hubungan baru antara Tehran dan Zagreb,” ujar Ruhani.

Presiden Ruhani menyatakan, Kroasia adalah sebuah negara sahabat Iran. Kedua negara ini banyak memiliki kesamaan sejarah dan budaya. Masa lalu kehadiran perusahaan-perusahaan Kroasia di Iran bisa menjadi lahan bagus untuk hubungan kedua negara.

“Setelah periode embargo ilegal Barat, telah terbuka peluang besar untuk menanam investasi di Iran. Kesempatan ini harus kita manfaatkan untuk memperluas kerja sama, terutama di bidang swasta,” tukas Ruhani.

Sekarang Iran, lanjut Presiden Ruhani, telah siap untuk tukar pengalaman di bidang teknik dengan Kroasia. Perluasan hubungan perdagangan dan ekonomi antara kedua negara memerlukan pengembangan di bidang hubungan finansial dan perbankan.

Di samping hubungan finansial dan ekonomi, Dr. Ruhani juga menekankan pengembangan hubungan antara Iran dan Kroasia di bidang riset, pendidikan, pengajaran bahasa kedua negara di perguruan-perguruan tinggi, teknologi, bio teknologi, nano teknologi, IT, dan turisme.

Ruhani menekankan, Iran dan Kroasi bisa saling mendukung di dunia internasional dan juga bisa membangun hubungan yang sangat dekat.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: