Pesan Rahbar

Home » , , » KAJIAN YUDAISME BAGIAN KELIMA

KAJIAN YUDAISME BAGIAN KELIMA

Written By Unknown on Sunday 3 August 2014 | 03:25:00


BAGIAN II: KEMASYARAKATAN.
 

PATRIARKH YAHUDI.
patriarkh adalah istilah umum yang didefinisikan sebagai seorang pria yang bertindak mengepalai sebuah keluarga besar... diambil dari kata pater (πάτερ) yang berarti "bapak" dan arkon (άρχων) yang berarti "pemimpin"... patriarkh Yahudi dikenal 3 orang, yaitu Avrah'am, Yitskhaq, Ya'aqov atau dalam translasi latin Indonesia dikenal sebagai Abraham (Abraham), Ishak (Isaac), Yakub (Jacob)...

AVRAH'AM, YITSKHAQ, YA'AQOV (Ibrahim, Ishaq, Yaqub).
Avrah'am secara etimologi diambil dari Bahasa Ibrani, "avrah'am" (אברהם) yang artinya "bapak yang penyayang" atau "bapak yang dirahmati"... Avrah'am diperkenalkan mula-mula oleh Alkitab dan diimani oleh 2 agama besar selain Yahudi; yaitu Kristen (Abraham) dan Islam (Ibrahim)...

menurut Alkitab, Avrah'am dipanggil Elohim dari kota Ur, Mesopotamia, ke negeri Kanaan (sekarang Palestina), sekitar tahun 2000 SM, di sana beliau mengadakan perjanjian:
Avrah'am diminta mengakui bahwa Yahweh adalah Tuhan dan otoritas tertinggi satu-satunya dan universal, dan untuk itu Avrah'am akan diberkati dengan keturunan yang tak terhitung banyaknya
kehidupannya yang dikisahkan dalam Kitab B'resyit pasal 11–25 dapat mencerminkan berbagai fondasi tradisi Yudaisme...

nama aslinya adalah Avram (אברם) yang dalam Torah berarti "bapak yang terpuji", kemudian diberi nama oleh Tuhan sebagai Avrah'am yang artinya "bapak yang dikasihi-Nya" (אב av = bapak/abi; רהם reham = kasih/rahmat)....

belakangan dalam hidupnya, beliau dikenal dengan nama Avrah'am, seringkali disebut pula sebagai Av Hamon Goy'im (אב המנ גים) yang artinya "bapak dari banyak bangsa" meskipun dalam bahasa Ibrani kata ini tidak mempunyai arti harfiah...

agama Yahudi memandang Avrah'am sebagai salah satu leluhur mereka dalam patriarkhnya dan Elohim sering menyatakan diri-Nya sebagai "Elohe Avrah'am, Elohe Yitskhaq, Velohe Ya'aqov", seperti ketika Adonay menyatakan diri kepada Nav Mosyeh di padang belantara di Midian:

וַיֹּאמֶר, אָנֹכִי אֱלֹהֵי אָבִיךָ, אֱלֹהֵי אַבְרָהָם אֱלֹהֵי יִצְחָק, וֵאלֹהֵי יַעֲקֹב; וַיַּסְתֵּר מֹשֶׁה, פָּנָיו, כִּי יָרֵא, מֵהַבִּיט אֶל-הָאֱלֹהִים
 
wayyo'mer 'anoki elohe avika elohe avrah'am elohe yitskhaq velohe ya'aqov wayyaster mosyeh panayv ki yare mehabit el-ha'elohim.

"Lagi Ia berfirman: "Akulah Eloha ayahmu, Eloha Avrah'am, Eloha Yitskhaq, dan Eloha Ya'aqov" Lalu Mosyeh menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Elohim" (Syemot 3: 6)
dalam kehidupan spiritualnya, terdapat momen-momen terpenting yang pengaruhnya besar sekali, yaitu di antaranya:

1. Berdo'a untuk keselamatan kota Sodom.
dalam cerita mengenai Nav Lot (salah satu navi yang diutus kepada masyarakat homoseksual di kota Sodom dan Gomorrah), Avram muncul ketika ia memohon pada Yahweh untuk tidak menghancurkan Sodom, dan dijanjikan bahwa bila ada sepuluh orang benar di kota itu, kota itu tidak akan dimusnahkan, diabadikan dalam Kitab Beresyit pasal 18 ayat 16-33...
cerminan dari kisah yang amat indah, ketika Avram berdo'a tidak untuk diri pribadi sendiri, tetapi juga untuk kebaikan manusia secara umum... hal ini diwujudkan dalam haggadah ketika merayakan Hari Raya Pesakh (Paskah) dengan sajian matsah (מוציא) yaitu "Pengucapan Berkat Matsah"...

2. Haggar dan Yisyma'el (Siti Hajar dan Ismail).
Sara (istri Avrah'am) tidak dapat mengandung (mandul), janji Tuhan bahwa keturunan Avrah'am akan mewarisi tanah perjanjian tampak seperti mustahil... sesuai dengan kebiasaan saat itu, Sara memberi hamba perempuannya yang bernama Haggar kepada Avram...
ketika Haggar mengandung anak Avram, dia menjadi sombong dan merendahkan Sara.. Sara mengusirnya ke padang gurun dan Haggar dijanjikan bahwa keturunannya akan menjadi sangat banyak, "sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya".. maka Haggar kembali dan anaknya Yisyma'el adalah keturunan Avram yang pertama...

pewaris Avrah'am adalah Yitskhaq (Ishaq), putra Avrah'am dari istrinya yang mandul, Sara... Yitskhaq itu menikahi Rivqah dan memiliki 2 putra; Yesya'u dan Ya'aqov... Ya'aqov itulah bapak moyang Israel patriarkh ketiga setelah Avrah'am dan Yitskhaq, yang disebut Yisyra'el...

3. Perjanjian Galluth atau Khitan (Sunat).
nama Avrah'am diberikan pada Avram pada waktu yang sama dengan perjanjian galluth (Sefer Beresyit pasal 17) yang dipraktekkan dalam agama Yahudi dan Islam sampai hari ini... galluth artinya "buang", yaitu tradisi berkhitan (sunat)...

sekarang Avrah'am dijanjikan bukan saja keturunan yang banyak, melainkan juga bahwa keturunan ini akan berasal dari Sara, dan juga bahwa negeri di mana ia tinggal akan menjadi milik keturunannya... perjanjian ini dipenuhi lewat Yitskhaq, walaupun Adonay berjanji bahwa Yisyma'el akan menjadi bangsa yang besar pula...

perjanjian galluth (tidak seperti janji-janji lainnya) memiliki dua sisi dan bersyarat: bila Abraham dan keturunannya memenuhi janji mereka, TUHAN akan menjadi Tuhan mereka dan memberi mereka negeri tersebut...

4. Ujian iman Avrah'am (Penyembelihan Yitskhaq).
beberapa waktu setelah kelahiran Yitskhaq, Avrah'am diperintahkan Tuhan untuk mengorbankan Yitskhaq di gunung Moria... Avrah'am meskipun berat hati tetap mematuhi perintah Adonay dengan menyembelih anaknya yang ditunggu-tunggu kehadirannya dari Sara... sebelum Avrah'am sempat menggorok leher Yitskhaq, beliau dicegah seorang malaikat dan ia mengorbankan seekor domba jantan...
sebagai imbalan akan kepatuhannya ini ia menerima janji lain bahwa ia akan membuat keturunannya "sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut" dan bahwa mereka "akan menduduki kota-kota musuhnya"...

KEDUABELAS PUTRA ISRAEL.
adapun Ya'aqov (Yisyra'el) menikahi 2 istri (Le'ah dan Rakhel) dan mengawini 2 gundiknya (Zilpah dan Balhah) dan dikaruniai 12 putra dan seorang putri, keduabelas putra inilah menjadi suku-suku Israel di masa mendatang (berikut dengan translasi Indonesia):

Istri 1 yaitu Le'ah (לאה) atau Lea:
  1. Re'uven (ראובן) atau Ruben.
  2. Syim'on (שמעון) atau Simon.
  3. Levi (לוי) atau Lewi.
  4. Yehudah (יהודה) atau Yehuda.
  5. Yisysakhar (יששכר) atau Isakhar.
  6. Z'vulun (זבולן) atau Zebulon.
putri: Dinah (דינה) atau Dina.

Istri 2 yaitu Rakhel (רחל) atau Rahel:
  1. Yosef (יוסף) atau Yusuf.
  2. Ben Yamin (בנימין) atau Benyamin.
Gundik 1 yaitu Bilhah (בלהה) atau Bilha:
  1. Dan (דן) atau Dan.
  2. Naftali (נפתלי) atau Naftali.
Gundik 2 yaitu Zilpah (זלפה) atau Zilpa:
  1. Gad (גד) atau Gad.
  2. 'Asyer (אשר) atau Asyer.


BAGIAN II: KEMASYARAKATAN.
KENABIAN (BAG. I)

dalam Yudaisme, istilah nabi berasal dari kata Ibrani navi (נביא) yang artinya "juru bicara", sementara dalam serapan Bahasa Indonesia, nabi berasal dari kata nabi (نبي) yang artinya "pemberi kabar"...
navi (nav) atau nabi didefinisikan sebagai orang yang dipilih oleh Adonay menjadi jurubicara-Nya, menyampaikan berita-berita dari Tuhan, dan pengajaran bagi Bangsa Israel... para navi adalah menjadi teladan bagi manusia, memiliki kekudusan (qodesy) dan keberkatan (barekh)...
banyak sumber bagaimana Adonay mengutus navi-navi-Nya dengan berbagai macam cara; mulai dari mimpi sampai penglihatan (visi)...
Talmud mengajarkan bahwa ada ratusan ribu navi-navi; dua kali sebanyak jumlah orang Israel yang meninggalkan Mesir yaitu 600.000 jiwa...
tetapi sebagian besar para navi menyampaikan pesan-pesan yang ditujukan semata-mata untuk generasi mereka sendiri dan tidak dilaporkan dalam Alkitab, sementara dalam Alkitab menunjukkan hanya 55 nabi Israel...
oleh sebab itu, Yudaisme mengklasifikasikan para navi yaitu;
  1. Nevi Rasyonaim (נביא ראשונאים) = Navi-navi Awal
  2. Nevi Aharonaim (נביא אהרונאים) = Navi-navi Kemudian:
  • Navi Besar
  • Navi Kecil
HAL-HAL YANG PATUT DIKETAHUI MENGENAI NAVI
seorang navi tidak harus seorang laki-laki, dalam Kitab Suci tercatat kisah-kisah navi perempuan yang disebut navi'ah...
seorang navi tidak harus seorang Yahudi, Talmud melaporkan bahwa ada navi dari antara orang-orang kafir (terutama Nav Bil'am yang ceritanya dikisahkan dalam Sefer Bemidbar pasal 22) dan sebagian dari para navi dari orang Yahudi yang diutus untuk orang-orang kafir seperti Nav Yonah, yang dikirim pada misi untuk berbicara dengan orang-orang kafir penduduk Ninive...
meskipun Nav Avrah'am adalah leluhur Yahudi, namun navi yang terbesar dari para navi adalah Nav Mosyeh..
keunggulan Mosyeh adalah karena para navi lain diperintahkan memegang hukum Torah, sementara Torah pertama kali diajarkan oleh Mosyeh... sampai navi ke berapa pun mereka mengajarkan Kitab Torah Mosyeh...

BAGAIMANA DENGAN NABI MUHAMMAD SAW?
meskipun memang kenyataannya navi-navi Adonay diutus tidak hanya dari kalangan B'nay Yisyra'el, muncul pertanyaan baru, apakah Muhammad (محمد) juga termasuk navi-navi Adonay??
mengapa pertanyaan ini muncul? karena Muhammad sebagai salah satu pendiri agama besar di dunia yaitu Islam banyak pula berbicara mengenai Yahudi dan dalam sirah-sirahnya ditemukan kontak antara kaum Yahudi dengan kaum Muslim...
yang terpenting adalah dikarenakan Muhammad mengklaim bahwa ajaran yang dibawanya adalah bersumber dari Allah.SWT (Adonay), yaitu "Millata Ibrahim" (ملة إبراهيم) atau Millah Ibrahim (ajaran Avrah'am)....
Yudaisme tidak mengimani Muhammad sebagai salah satu navi Adonay dikarenakan berbagai hal:
  1. Muhammad membawakan ajaran baru meskipun persis dengan ajaran Yudaisme, seorang navi Adonay pasti akan memegang prinsip ajaran yang tercantum dalam Torah...
  2. Muhammad bukan termasuk dalam navi-navi Adonay dikarenakan para navi pasti akan membimbing kaum Yahudi menuju Yahudi, bukan menuju Islam...
  3. dan masih banyak lagi namun akan dibahas di bagian Pandangan Yahudi Terhadap Agama Abrahamik...
dengan kata lain, karena dia mengatasnamakan "Nabiyullah wa Rasulullah" (نبي الله ورسول الله - nabi Allah dan utusan Allah), maka banyak orang Yahudi menggolongkan Muhammad sebagai "nabi palsu", namun tidak pernah ada keterangan yang membahas baik dalam Torah maupun Talmud mengenai Muhammad atau sifat-sifat Muhammad yang berkorelasi dengan sifat-sifat nabi palsu...
artinya, Yudaisme tidak menganggap Muhammad sebagai nabi palsu dan tidak pula mengimani Muhammad sebagai navi Adonay... sama halnya seperti Yudaisme tidak menganggap Buddha Gautama sebagai pertapa palsu dan tidak pula mengimani Buddha sebagai "Tuhan" (yang mendapat pencerahan atau bodhisatva)...
namun di Abad Pertengahan, Yahudi dan Kristen sepakat mengistilahkan Muhammad sebagai Ha-Mesyuggakh (הא משוגע) yang artinya "orang yang kerasukan" (sebuah istilah kaum Yahudi Perusyim atau Farisi dalam memanggil nabi palsu) meskipun dalam Yudaisme inti tidak pernah dibahas mengenai Muhammad...
justru, Yudaisme lebih mengacu pada Yesus Kristus dan Kekristenan karena Yesus adalah orang Yahudi dan agama Kristen menggunakan Perjanjian Lama yang diimani Yahudi... istilah saat ini disebut bidat/bid'ah (cult)...

NABI PALSU.
dalam Sefer Devarim pasal 13 ayat 1-5 berisi mengenai definisi "nabi palsu" dalam Yudaisme...
dalam firman itu dijelaskan bahwa setiap nabi atau pemimpi selalu mengutamakan mukjizat-mukjizat yang sebenarnya berasal dari setan atau sihir... sementara kaum Yahudi diperintahkan untuk menelaah setiap ajaran "nabi" tersebut, jika "nabi" itu menyesatkan Yahudi, maka bisa dicap sebagai nabi palsu...
walaupun demikian, tidak perlu ditutupi bahwa Bangsa Israel masa lalu sebenarnya lebih mengutamakan keajaiban (mukjizat) daripada telaah ajaran tersebut...
banyak navi-navi Adonay yang diingkari oleh orang Yahudi itu sendiri di masa itu...
misalnya, Bangsa Israel pernah membunuh Nav Yisyeyah, Nav Yirmiyah juga pernah dipenjara akibat kaum Yahudi, Nav Eliyah pernah juga didesak Bangsa Israel untuk menurunkan hujan, namun setelah turun, mereka malah menyembah Ba'al...
bahkan Nav Mosyeh pernah juga didesak Bangsa Israel untuk menunjukkan rupa Adonay...
namun meskipun demikian, ajaran Yahudi tidak akan pernah dikotori oleh kaum Yahudi yang seperti itu... sekalipun nantinya 2/3 orang Yahudi menista Adonay dan agama, tetaplah Yahudi bagian terpisah dari orang Yahudi..

BAGIAN II: KEMASYARAKATAN
KENABIAN (BAG. II)


DAFTAR NAVI-NAVI DALAM ALKITAB.
Rav Syelomoh Yitskhaqi berhasil menghimpun navi-navi dalam Alkitab berikut dengan translasi Indonesia, yaitu:
  1. נח No'akh (Beresyit 6-9) - Nuh
  2. לוט Lot (Beresyit 11) - Lot
  3. אברהם Avrah'am (Beresyit 11: 26 - 25: 10) - Abraham
  4. יצחק Yitskhaq (Beresyit 21: 1 - 35: 29) - Ishak
  5. יעקב Ya'aqov (Beresyit 25: 21 - 49: 33) - Yakub
  6. משה Mosyeh (Syemot 2: 1 - Devarim 34: 5) - Musa
  7. אהרן Aharon (Syemot 4: 14 - Bemidbar 33: 39) - Harun
  8. יהושע Yehosyu'a (Syemot 17: 9 - 14, 24: 13, 32: 17-18, 33: 11; Bemidbar 11: 28-29, 13: 4 - 14: 38; 27: 18 - 27: 23, Devarim 1: 38, 3: 28, 31: 3, 31: 7 - Yehosyu'a 24: 29) - Yosua
  9. פינחס Pinkhas (Syemot 6: 25; Bemidbar 25: 7 - 25:11 - 31: 6; Yehosyu'a 22: 13 - 24: 33; Syoftim 20: 28) - Pineas
  10. אלקנה Elqanah (1 Syemu'el 1: 1 - 2: 20) - Elkana
  11. אלי Eli (1 Syemu'el 1: 9 - 4: 18) - Eli
  12. שמואל Syemu'el (1 Syemu'el 1: 1 - 25: 1) - Samuel
  13. גד Gad (1 Syemu'el 22: 5; 2 Syemu'el 24: 11-19; 1 Divrey Yamim 21: 9 - 21: 19, 29: 29) - Gad
  14. נתן Natan (2 Syemu'el 7: 2 - 17; 12: 1 - 25) - Nathan
  15. דוד David (1 Syemu'el 16: 1 - 1 Melakhim 2: 11) - Daud
  16. שלמה Syelomoh (2 Syemu'el 12: 24; 1 Melakhim 1: 10 - 11: 43) - Salomo
  17. עידו 'Iddo (2 Divrey Yamim 9: 29, 12: 15, 13: 22) - Ido
  18. מיכה Mikhah (1 Melakhim 22: 8-28; 2 Divrey Yamim 18: 7-27) - Mikha
  19. עובדיה Ovadyah (1 Melakhim 18; Ovadyah) - Obaja
  20. אחיה הא שילון Ahiyah Ha-Syilon (1 Melakhim 11: 29-30; 12: 15; 14: 2-18; 15: 29) - Ahia Orang Silon
  21. יהוא Yehu (1 Melakhim 16: 1-7; 2 Divrey Yamim 19: 2; 20: 34) - Yehu
  22. עזריה Azaryah (2 Divrey Yamim 15) - Azarya
  23. יהזיאל Yakhazi'el (2 Divrey Yamim 20:14) - Yahaziel
  24. אליעזר Eli'ezer (2 Divrey Yamim 20: 37) - Eliezer
  25. הושע Hosye'a (Hosye'a) - Hosea
  26. עמוס 'Amos ('Amos) - Amos
  27. מיכה הא מורשתי Mikhah Ha-Morasyti (Mikhah) - Mikha
  28. איליה Eliyah (1 Melakhim 17: 1 - 21: 29; 2 Melakhim 1: 10 - 2: 15, 9: 36-37, 10: 10, 10: 17) - Elia
  29. אלישע Elisya' (1 Melakhim 19: 16-19; 2 Melakhim 2: 1 - 13: 21) - Elisa
  30. יונה Yonah (Yonah) - Yunus
  31. ישעיהו Yisyeyah (Yisyeyah) - Yesaya
  32. יואל Yo'el (Yo'el) - Yoël
  33. נחום Nakhum (Nakhum) - Nahum
  34. חבקוק Khavaqquq (Khavaqquq) - Habakkuk
  35. צפניה Tsefanyah (Tsefanyah) - Zefanya
  36. אוריה 'Uriyah (Yirmiyah 26: 20-23) - Uria
  37. ירמיה Yirmiyah (Yirmiyah) - Yeremia
  38. יחזקאל Yekhezqi'el (Yekhezqi'el) - Yehezkiel
  39. שמעיה Syema'iyah (1 Melakhim 12: 22-24; 2 Divrey Yamim 11: 2-4, 12: 5-15) - Semaya
  40. ברוך Barukh (Yirmiyah 32, 36, 43, 45) - Barukh
  41. שריה Serayah (Yirmiyah 51: 61-64) - Seraya
  42. חגי Khaggay (Khaggay) - Haggai
  43. זכריה Zekharyah (Zecharyah) - Zekharia
  44. מלאכי Mal'akhi (Mal'akhi) - Malakhi

    Navi'ah (Nabi perempuan):
  45. שרה Sarah (Beresyit 11: 29 - 23: 20) - Sarah
  46. מרים Miryam (Syemot 15: 20-21; Bemidbar 12: 1 - 12: 15, 20: 1) - Miryam
  47. דבורה Devorah (Syoftim 4: 1 - 5: 31) - Debora
  48. חנה Khannah (1 Syemu'el 1: 1 - 2: 21) - Hannah
  49. אביגיל Avigayil (1 Syemu'el 25: 1 - 25: 42) - Abigail
  50. חולדה Huldah (2 Melakhim 22:14-20) - Hulda
  51. אסתר Ester (Ester) - Ester

MENGAPA DANIYEL BUKAN TERMASUK SEORANG NAVI?
dalam Kekristenan mempercayai Daniyel (Daniel) sebagai salah satu navi.. lantas, mengapa Yudaisme mengimani Daniyel bukan seorang navi melainkan hanya orang saleh biasa?
bukankah visi (penglihatan) dan mimpi serta nubuatan dalam Kitab Daniyel itu benar?
menurut Yudaisme, Daniyel bukan salah satu dari 55 navi, memang benar tulisannya meliputi visi masa depan, yang diyakini benar, namun misinya itu bukanlah seorang navi...
visi tentang masa depan tidak pernah dimaksudkan untuk mengumumkan kepada manusia, mereka dirancang untuk ditulis untuk generasi mendatang...
selain itu, Yudaisme mengimani David dan Syelomoh sebagai seorang navi, sedangkan Kekristenan hanya mengimani mereka berdua sebagai raja Israel...
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: