Pesan Rahbar

Home » » Hubungan Tehran-Zagreb akan Meluas

Hubungan Tehran-Zagreb akan Meluas

Written By Unknown on Thursday 19 May 2016 | 23:24:00


Kepala negara Iran dan Kroasia menegaskan kemauan serius untuk memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama regional serta internasional Tehran-Zagreb untuk memerangi terorisme dan radikalisme.

Kesepakatan ini disampaikan oleh kedua kepala negara Iran dan Kroasia dalam kesempatan jumpa pers bersama di Tehran hari ini.

Pada jumpa pers ini, Presiden Ruhani menyatakan bahwa Kroasi adalah sebuah negara sahabat Iran di kawasan Balkan. Hubungan Iran dan Kroasia sudah terjalin dari sejak lama.

Presiden Ruhani mengaku telah dicapai kesepakatan untuk memperluas hubungan bilateral antara Tehran dan Zagreb di bidang ekonomi, finansial, perdagangan, kebudayaan, pendidikan, energi, transportasi, dan teknik. “Memang selama periode embargo ilegal Barat, hubungan Iran dan Kroasia sempat terganggu. Sekarang kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan hubungan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kolinda Grabar, Presiden Kroasia, menegaskan, kunjungan ke Tehran ini bisa menjadi sebuah titik tolak untuk membangun hubungan bilateral antara kedua negara. “Selama ini memang hubungan ekonomi antara Iran dan Kroasia sangat tidak ideal. Akan tetapi, sekarang sudah terbuka kesempatan dan peluang yang harus kita manfaatkan,” ujarnya.

Kolinda mengaku memiliki informasi bahwa Iran sedang berusaha untuk memodernkan industri dan infrastruktur ekonominya. Untuk itu, perusahaan-perusahaan Republik Kroasia bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Iran di setiap bidang.

“Kroasia juga bisa menjadi jalur yang tepat untuk mengirimkan energi Iran ke Uni Eropa,” tutur Kolinda mengakui.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: