Pesan Rahbar

Home » » Mendidik Anak Yang Saleh, Melalui kehidupan Imam Makshum As

Mendidik Anak Yang Saleh, Melalui kehidupan Imam Makshum As

Written By Unknown on Sunday 29 May 2016 | 23:09:00


Memiliki keturunan yang saleh adalah harapan semua orang, oleh karena itu jika ingin mendapatkan keturunan yang saleh harus mengambil tauladan dari kehidupan Imam Makshum as.

Hujjatul Islam Morteza Panah mengatakan bahwasanya salah satu ayat yang menjelaskan tentang wujud mulia Imam Husain as ialah ayat 11 surat ahqaf, yang merupakan ayat yang sangat luar biasa.

Mengenai tafsiran ayat ini, Ayatullah Syahid Mutahari menjelaskannya dengan kata-kata yang sangat indah yaitu sebuah keturunan yang saleh, jika ingin terdidik dengan baik maka mereka harus memiliki beberapa sifat.

Jika kita lihat buah dari kehidupan Imam Ali as dan Sayyidah Fathimah Azzahra sa ialah seorang anak seperti Imam Husain as. Yang harus kita teladani ialah apa yang mereka perbuat sehingga bisa mendidik anak-anak seperti Aimmah as, jelas beliau.

Poin pertama yang harus diingat dalam mendidik anak yang saleh ialah bahwasanya manusia bukanlah pendidik yang hakiki, sebagaimana Fathimah Azzahra sa , Imam Husain as dan yang lainnya adalah Allah swt yang mendidiknya.

Poin kedua ialah selalu menjaga kehormatan kedua orang tua, seseorang yang selalu menjaga kehormatan kedua orang tuanya, kehidupannya akan lebih mudah dan sukses.

Selanjutnya ialah selalu berbuat baik kepada semua orang, sebagaimana Rasulullah saww bersabda “berbuat baik kepada sesama makhluq Allah dapat memanjangkan usia’.

Poin yang terakhir ialah jangan pernah sekali-kali menyakiti perasaan orang lain, baik dalam keadaan emosi ataupun tenang sekalipun.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: