Pesan Rahbar

Home » » Mufti Damaskus ke Banda Aceh Berikan Informasi Konflik Suriah

Mufti Damaskus ke Banda Aceh Berikan Informasi Konflik Suriah

Written By Unknown on Monday 23 May 2016 | 21:49:00

Syekh Adnan Al-Afyuni (tengah) bersama para ulama Suriah lain. (Foto: IST)

Mufti Damaskus, Syekh Adnan Al-Afyuni bersama sejumlah ulama Suriah akan berkunjung ke Aceh, akhir November 2015 ini. Kedatangan mereka atas undangan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) untuk menghadiri dan menjadi pembicara dalam rapat kordinasi di Asrama Haji, Banda Aceh, 29- 30 November 2015.

“Mereka dijadwalkan datang ke Aceh untuk memberi materi dalam rapat kordinasi ulama dayah se Aceh dan tausyiah di hadapan masyarakat Aceh,” kata Sekjend HUDA, Tgk Bulqaini Tanjungan, Jumat 27 November 2015.

Ia menjelaskan, pada awalnya para ulama Suriah ini datang ke Malang dalam suatu undangan Konferensi Ulama, Cendekiawan Muslim, Ulama, dan Sufi sedunia atau International Conference of Islamic Scholars (ICIS) ke empat di Malang Jawa Timur.

Tgk Bulqaini menyatakan, para ulama tersebut, khususnya yang berasal dari Suriah, diundang ke Aceh supaya dapat memberi informasi tentang konflik Suriah. Dengan harapan konflik yang merenggut banyak nyawa manusia di Suriah, tidak terjadi di Indonesia, khususnya di Aceh.

Ulama yang kerap disapa Tu Bulqaini juga memastikan bahwa para ulama yang diundang tersebut, termasuk dari Suriah, adalah tokoh ulama Ahlu Sunnah wal Jama’ah, bukan Syi’ah

“Selain memberi tausyiah, nantinya juga akan diselenggarakan doa bersama masyarakat Aceh untuk muslim Suriah dan Palestina yang sedang terzalimi oleh berbagai plot-plot kejahatan, ” tambah Bulqaini lagi.

Selain itu, rakor HUDA ini juga akan diisi oleh kordinator Pesantren Sulaimaniyah Turki wilayah Sumatera, Ustaz Taceddin Ince.

Ustaz dari Turki ini akan memaparkan materi tentang metode Turki Usmani dalam Tahfizul Qur’an dan juga seputar kurikulum Dayah di Turki dan koneksinya dengan kurikulum dayah di Aceh.

“Direncanakan, dengan kordinator pesantren Sulaimaniyah Turki ini nanti juga akan ada penandatangan MoU untuk pengiriman santri-santri Aceh ke Turki untuk menghafal Alquran, ” kata Tgk Bulqaini.

Adapun rombongan ulama Suriah yang akan datang ke Aceh adalah, Syekh Adnan Al-Afyuni (ulama Mazhab Syafi’i yang merupakan Mursyid Thariqat Naqsyabandiyyah dan Wakil Rektor Universitas Ahmad Kuftaro).

Syekh Mahmud Chehadeh (Imam, Khatib dan Pengajar di Mujamma’ Ahmad Kuftaro), Syekh Omar Dib (Ulama Muda dan cucu Syekh Rajab Dieb), dan Habib Muhammad bin Abdul Qadir Aljuned yang merupakan ketua Majlis Muwasalah antar ulama Muslimin wilayah Asia Tenggara.

(Istimewa/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: