Pesan Rahbar

Home » » Orang Yang Tidak Mirip Dengan Rasulullah Saaw

Orang Yang Tidak Mirip Dengan Rasulullah Saaw

Written By Unknown on Sunday 8 May 2016 | 12:58:00


Rasulullah saaw pernah berkata, “Apakah kalian ingin tahu orang yang tidak mencontohku? Mereka (para sahabat) berkata: Ya wahai Rasulullah.”

Berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Ahlul Bayt, salah satu faktor paling penting yang membuat masyarakat tidak mampu menerapkan budayanya dengan baik, dan hasilnya bertolak belakang dengan norma dan etika ialah akhlaq yang buruk.

Allah swt dalam ayat 159 surat Ali Imran menjelaskan masalah ini kepad Nabi saaw, “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” Oleh karena itu salah satu akibat berakhlaq buruk khususnya pemimpin ialah tidak dapat memperbaiki budaya masyaratakat.

Selain itu, penyebaran akhlaq buruk di masyarakat dapat merendahkan kepribadian seseorang, oleh sebab itu bagian penting yang Al-Qur’an dan Ahlul Bayt khususkna ialah menjauhi dan memperbaiki masyarakat dari sikap tidak berakhlaq.

Seseorang berkata kepada Rasulullah saaw bahwasanya ada seorang wanita yang setiap harinya ia berpuasa dan setiap malam harinya ia beribadah, akan tetapi buruk akhlaqnya dengan selalu menyakiti perasaan tetangganya dengan kata-katanya. Rasulullah saaw berkata, “Tidak ada kebaikan dalam dirinya, dan dia merupakan ahli neraka” (Bihar Al-anwar 68 hal 394).

Rasulullah saaw pernah bersabda, “Mukmin sejati ialah orang yang tidak memiliki dua sifat ini dalam dirinya, bakhil dan akhlaq buruk.”

Imam Shadiq as bersabda, “Allah swt mewahyukan kepada sebagian nabiNya dengan berkata, ‘akhlaq buruk dapat menghancurkan amal baik seseorang, sebagaimana cuka menghilangkan rasa madu.’.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: