Pesan Rahbar

Home » » Perayaan Kabupaten Tegal, Kirab Pataka Pakta Integritas Disambut Meriah

Perayaan Kabupaten Tegal, Kirab Pataka Pakta Integritas Disambut Meriah

Written By Unknown on Thursday 26 May 2016 | 20:46:00

KET FOTO - Penyerahan Pataka Pakta Integritas dari Bupati Tegal kepada Ketua DPRD Kab. Tegal

SLAWI - Memperingati HUT ke - 415, Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar Kirab Pataka Pakta Integritas Kabupaten Tegal, Rabu (18/5) kemarin. Rombongan kirab diberangkatkan oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono dari halaman rumah dinas Bupati Tegal sekitar pukul 09.00 Wib menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal. Sebelum berangkat, Bupati Tegal Enthus Susmono mengajak peserta untuk membaca surat Al Fatihah sebanyak tiga kali.

Tampak pasukan kirab dari depan terdiri atas Marching Band Praja Wibawa Satpol PP Kab. Tegal, pasukan pembawa bendera merah putih, pataka pakta integritas Kabupaten Tegal, keluarga besar Kalisoka, Bupati Tegal dan istri, pasukan Pramuka pembawa foto mantan Bupati Tegal, gamelan monggang dan rombongan SKPD diliingkungan Pemkab Tegal. Pada kirab kali ini, Bupati Tegal Enthus Susmono beserta istri Nurlaelah serta kepala SKPD tampak mengenakan pakaian khas Tegal.

Rombongan kirab disambut antusias masyarakat Kabupaten Tegal yang berjajar disepanjang jalan dari rumah dinas bupati Tegal hingga Alun - alun Slawi. Selama perjalanan, Bupati Enthus dan istrinya yang menaiki kereta kencana menebar koin / uang recehan yang dicampur dengan bunga melati ke arah warga yang menyaksikan prosesi kirab pataka. Sontak warga pun merangsek dan berebut untuk mendapatkan uang tersebut.

Memasuki Komplek Pemkab Tegal, rombongan kirab disambut tari massal topeng endel yang dibawakan oleh 1800 siswa SD se Kabupaten Tegal. Menariknya, Bupati turun dari kereta kencananya menuju ke tengah lapangan berbaur dengan para penari topeng endel.

Sementara itu, prosesi penyerahan pataka pakta integritas Kabupaten Tegal dilaksanakan depan Gedung DPRD Kabupaten Tegal. Pataka pakta integritas Kabupaten Tegal yang memuat tujuh komitmen PNS Kabupaten Tegal, diserahkan Bupati Tegal Enthus Susmono kepada Ketua DPRD Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi. Penyerahan disaksikan oleh keluarga besar Kalisoka, anggota DPRD dan kepala SKPD.

Bupati Enthus Susmono dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya sinergi antara legislatif dan eksekutif, guna mewujudkan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Tegal. Menanggapi apa yang disampaikan Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Tegal, A Firdaus Assyairozi, SE usai menerima pataka mengajak legislatif dan eksekutif melaksanakan fungsi masing-masing. "Marilah kita jalankan fungsi masing-masing. Eksekutif sebagai eksekutor semua amanat APBD, legislatif sebagai pengawasan APBD. Jangan bosan-bosan ketika kita awasi," tuturnya.

Usai penyerahan Pataka Pakta Integritas, Bupati, DPRD dan rombongan kirab memasuki ruang rapat Gedung DPRD Kabupaten Tegal untuk mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tegal "Ing Salebete Pepeling Dina Wetone Kabupaten Tegal Kaping 415".

Sebelumnya pada Selasa (17/5), Kirab pataka pakta integritas dimulai dari Kalisoka, melewati Mako Yonif 407/PK, Langon, Pilkita, dan Tugu Poci (GBN Slawi). Arak-akan kemudian menuju Bioskop Rama, ruko perdagangan Slawi, SMA 1 Slawi, dan berakhir di rumah dinas Bupati Tegal untuk diinapkan semalam.

Kirab diikuti pegawai dari SKPD di lingkungan Pemda Kabupaten Tegal dan masyarakat. Kirab dimeriahkan dengan permainan drumband, balo-balo, calung, dan atraksi silat. Tampak pula sejumlah gunungan yang tersusun dari berbagai hasil bumi seperti padi, jagung, ketela, buah-buahan, dan sayur mayur. Gunungan persembahan dari setiap kecamatan ini, diarak menggunakan mobil bak terbuka. (s@n) 
 

(Tegal-Kabupaten/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: